BolaSkor.com – Spanyol akan menghadapi Swedia pada pertandingan perdana Piala Eropa 2020 di Stadion La Cartuja, Selasa (15/6). Pada laga ini Spanyol tampaknya lebih diuntungkan, karena akan bermain di kandang sendiri.

Tampil dengan status tim tuan rumah, Spanyol dipastikan bakal tampil habis-habisan demi mengalahkan Swedia dan mengawali Piala Eropa 2020 dengan gemilang. Akan tetapi, untuk mengalahkan Swedia bukanlah perkara yang mudah bagi tim asuhan Luis Enrique.

Ini bukan pertama kalinya Spanyol dan Swedia bertemu. Pada babak Kualifikasi Piala Eropa 2020, keduanya masuk dalam satu grup. Spanyol keluar sebagai juara grup, sementara Swedia membuntuti sebagai runner up.

Baca Juga:

Bintang Laga Belanda Vs Ukraina: Denzel Dumfries, Pantang Surut

Piala Eropa 2020 - Inggris 1-0 Kroasia: Raheem Sterling Jadi Pahlawan

Piala Eropa 2020: Sederet Fakta Menarik dari Kemenangan 1-0 Inggris atas Kroasia

Di Kualifikasi Piala Eropa 2020, Spanyol mengalahkan Swedia 3-0 di kota Madrid. Spanyol menang lewat gol-gol Sergio Ramos, Alvaro Morata, dan Mikel Oyarzabal. Di Solna, Spanyol bermain imbang 1-1, di mana gol Marcus Berg untuk Swedia disamakan oleh Rodrigo Moreno.

Kondisi Tim

Melihat persiapan tim saat ini, nampaknya Spanyol akan turun tidak dengan kekuatan terbaiknya. Bagaimana tidak sebelum berlaga di pertandingan ini gelandang asal Barcelona, Sergio Busquets positif COVID-19 dan tim harus menjalani karantina terlebih dahulu.

Tidak sampai di situ saja, kekuatan Spanyol juga berbeda ketika mereka bisa mengalahkan Swedia di babak Kualifikasi Piala Eropa 2020. Di tim yang sekarang tidak ada nama Sergio Ramos yang saat itu berhasil menjadi pencetak gol.

Sergio Busquest


Dalam dua pertandingan uji coba terakhir sebelum laga ini, Spanyol hanya mampu bermain imbang melawan Portugal 0-0. Sebelumnya mereka juga ingin melakukan uji coba dengan Lithuania, tetapi pertandingan ini batal terlaksana.

Sementara itu, Swedia datang dengan modal kemenangan pada laga uji coba terakhir melawan Armenia. Mereka berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Armenia. Swedia menang lewat gol-gol Emil Forsberg, Marcus Danielson, dan Marcus Berg.

Hasil membuat anak asuh Janne Andersson bisa melakukan revans pada yang di dua pertandingan sebelumnya belum bisa mengalahkan Spanyol.

Komentar Pelatih

Luis Enrique mengatakan pertandingan pertama dalam mengikuti sebuah turnamen itu sangatlah penting. Maka dari itu Spanyol harus bisa memaksimalkan laga pertanda demi meraih hasil yang maksimal.

"Jika kalian meminta saya untuk datang dan kalah besok tapi memenangkan dua pertandingan berikutnya dan lolos pertama di grup maka saya akan baik-baik saja dengan itu,” kata Enrique dilansir dari laman UEFA.com.

“Tetapi kenyataannya adalah pertandingan pertama seperti mengukur suhu: 'Apakah kita baik-baik saja?' Seperti itulah rasanya. Pertandingan pertama dapat berfungsi untuk membangkitkan kepercayaan diri, melihat seberapa besar arti kompetisi bagi kami, dan jika menang dengan cara yang menunjukkan kualitas maka itu adalah cara yang bagus untuk memulai," tambahnya.
Luis Enrique
Sementara itu, pelatih Swedia, Janne Andersson menghadapi Spanyol yang bermain di rumahnya sendiri adalah pertandingan yang sangat sulit. Maka dari itu, ia ingin para pemainnya bisa mengeluarkan performa terbaik untuk bisa mengalahkan Spanyol.

“Melawan Spanyol tandang adalah salah satu tantangan terberat di dunia sepak bola saat ini. Ini adalah tantangan yang menarik dan kami membutuhkan performa terbaik yang mutlak, tetapi kami pernah mengalaminya di masa lalu,” ujar Andersson.

“Saya harap kami bisa mendapatkannya satu lagi. Kami telah mengancam mereka di masa lalu. Kami tahu bahwa jika kami bisa mendapatkan segalanya untuk diklik, kami benar-benar memiliki peluang pada hari Senin."

Head to Head

16 Oktober 2019: Swedia 1-1 Spanyol (Kualifikasi Euro)

11 Juni 2019: Spanyol 3-0 Swedia (Kualifikasi Euro)

14 Juni 2008: Swedia 1-2 Spanyol (Euro)

18 November 2007: Spanyol 3-0 Swedia (Kualifikasi Euro)

08 Oktober 2006: Swedia 2-0 Spanyol (Kualifikasi Euro).

Prediksi Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): Unai Simon (GK); Azpilicueta, Laporte, Pau Torres, Alba; Llorente, Rodri, Pedri; Gerard Moreno, Morata, Ferran Torres.

Swedia (4-4-2): Olsen (GK); Lustig, Lindelof, Danielson, Augustinsson; S. Larsson, Ekdal, Olsson, Forsberg; Isak, Berg

Prediksi BolaSkor

Spanyol 1-1 Swedia