BolaSkor.com - Tim nasional Swedia akan menantang Ukraina pada babak 16 besar Piala Eropa 2020, di Hampden Park, Rabu (30/6) dini hari WIB. Kedua tim berstatus kuda hitam pada turnamen kali ini.

Swedia di luar dugaan menempati posisi puncak klaseman akhir Grup E. Skuad asuhan Janne Andersson itu menuai dua kemenangan plus satu imbang.

Sementara itu, Ukraina lolos melalui jalur peringkat tiga terbaik. Meskipun, dari tiga laga, Ukraina hanya meraih satu kemenangan.

Tak heran, laga nanti akan menjadi ujian berat bagi kedua tim. Status sebagai kuda hitam pada Piala Eropa kali ini akan diuji.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Belgia 1-0 Portugal: Juara Bertahan Tersingkir

Piala Eropa 2020: Portugal Tersingkir, Fernando Santos Enggan Cari Alasan

Piala Eropa 2020 - Prancis 3-3 (4-5 Pen) Swiss: Kegagalan Penalti Mbappe Bikin Les Bleus Gugur

Timnas Swedia

Terakhir kali Swedia dan Ukraina saling berhadapan pada turnamen besar adalah di Piala Eropa 2012. Ketika itu, Ukraina menjadi pemenang setelah unggul dengan skor tipis 2-1. Pelatih Ukraina saat ini, Andriy Shevchenko, menjadi bintang dengan mengemas brace.

Kondisi Tim

Dari kondisi kedua tim, tak banyak masalah berarti soal kebugaran para pemain. Denys Popov dan Oleksandr Zubkov yang mengalami masalah dari kubu Ukraina diprakirakan masih bisa tampil, kendati tak dari menit pertama.

Zhovto-Blakytni diprediksi tetap akan mengandalkan trio penyerang Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, dan Ruslan Malinovskiy untuk mendobrak pertahanan Swedia. Sementara itu, penggawa Manchester City, Oleksandr Zinchenko diprakirakan akan bermain dari lini kedua.

Dari kubu Swedia, Alexander Isak diprediksi akan mendapatkan tempat sebagai penyerang. Pemain yang dikaitkan dengan sejumlah tim elite Eropa itu akan ditopang dua pemain sayap, Emil Forsberg dan Sebastian Larsson. Sementara itu, Victor Lindelof mengambil peran sebagai pemimpin di sektor pertahanan.

Komentar

Shevchenko menyanjung permainan Swedia yang terlihat bersinergi pada setiap lininya. Apalagi, asupan umpan dari pos tengah juga sering memberikan ancaman.

"Mereka adalah tim yang sangat terorganisasi. Mereka punya gaya main tertentu dan selalu mempertahankannya," kata Sheva seperti dilaporkan laman resmi Piala Eropa 2020.

"Mereka telah melakukan banyak hal dengan baik, terutama umpan vertikal. Tim ini sangat kuat secara fisik sehingga hampir tidak pernah kalah dalam pertempuran satu lawan satu. Mereka juga berbahaya dalam duel udara."

Sementara itu, penyerang Swedia, Marcus Berg, tidak mau besar kepala meski timnya diunggulkan. Ia meminta para pemain Blagul berjuang hingga akhir.

"Bagi kebanyakan orang, mungkin kami favorit. Namun, kami sangat menghormati mereka," tegas Berg.

"Tentu saja kami yakin bisa mengalahkan mereka dengan kemampuan terbaik. Kami ingin meningkatkan permainan dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya."

Prakiraan susunan pemain:

Swedia (4-4-2): Olsen; Augustinsson, Danielson, Lindelof, Lustig; Forsberg, Olsson, Ekdal, Larsson; Berg, Isak.

Pelatih: Janne Andersson.

Ukraina (4-3-3): Bushchan; Mykolenko, Matvienko, Zabarnyi, Karavaev; Zinchenko, Stepanenko, Shaparenko; Malinovskiy, Yaremchuk, Yarmolenko.

Pelatih: Andriy Shevchenko.

Head to head

12-06-2012 Ukraina 2-1 Swedia (Piala Eropa)
11-08-2011 Ukraina 0-1 Swedia (Persahabatan)
10-02-2011 Swedia 1-1 Ukraina (Persahabatan)
01-06-2008 Swedia 0-1 Ukraina (Persahabatan)

Prediksi BolaSkor

Swedia 2-1 Ukraina

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini