Presiden CAF Angkat Bicara soal Isu Penundaan Piala Afrika 2021

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 22 Desember 2021
Presiden CAF Angkat Bicara soal Isu Penundaan Piala Afrika 2021
Presiden CAF, Patrice Motsepe (Twitter)

BolaSkor.com - Ditemukannya varian baru virus corona bernama Omicron dikhawatirkan akan kembali menunda perhelatan Piala Afrika yang akan berlangsung di Kamerun. Tapi kabar itu segera dibantah Presiden CAF (Federasi Sepak Bola Afrika) Patrice Motsepe.

Kurang dari tiga pekan lagi Piala Afrika 2021 akan dimainkan di Kamerun. Pertandingan pertama akan dilangsungkan di Yaounde's Olembe Stadium pada 9 Januari mendatang. Sempat ada kekhawatiran Omicron akan menunda turnamen, Motsepe angkat bicara.

"Saya akan berada di Kamerun pada 7 Januari dengan istri dan anak-anak saya untuk menjadi saksi kompetisi yang sangat hebat. Anda bisa melihat adanya komitmen besar dan fokus untuk memastikan ada perkembangan bagus," tutur Motsepe dikutip dari BBC Sport.

“Kami akan menjadi tuan rumah bersama orang-orang Kamerun di turnamen yang luar biasa. Ini akan menjadi Afcon yang paling sukses. Kami siap untuk menunjukkan kepada dunia yang terbaik dari sepak bola Afrika dan keramahan Afrika."

Baca Juga:

Penyelenggara Piala Afrika Sanggah Turnamen Batal karena Varian Omicron

Piala Afrika Dimainkan Januari-Februari pada 2021, Klub-klub Premier League Harap-harap Cemas

Varian Omicron Mengganas, 20 Klub Premier League Sepakat Tetap Lanjutkan Kompetisi

"Turnamen ini penting bagi rakyat Afrika dan saya sangat bangga dan sangat bersemangat dengan pekerjaan yang telah dilakukan."

Komentar dari Motsepe juga diperkuat dengan ucapan legenda Barcelona, Samuel Eto'o yang terpilih jadi Presiden Asosiasi Sepak Bola Kamerun. Dia menyindir Piala Eropa 2020 yang juga berlangsung di kala pandemi virus corona masih ada.

"Jika Piala Eropa berlangsung di tengah pandemi, dengan stadion penuh di beberapa kota di Eropa dan tidak ada masalah, mengapa Piala Afrika tidak dimainkan di Kamerun?" kata Eto'o tegas kepada stasiun Prancis Canal+.

"Atau apakah Anda mencoba mengatakan bahwa seperti kami selalu diperlakukan, kami orang Afrika tidak berharga apapun sehingga kami harus menerimanya?"

"Saya tidak mengerti mengapa Afcon tidak akan terjadi. Kamerun FA yang saya wakili akan mempertahankan tuan rumah kompetisi ini sampai akhir."

Samuel Eto'o

Motsepe juga menegaskan kepada publik untuk memercayai panitia dan masyarakat Afrika mengenai keamanan, serta protokol kesehatan terkait pandemi. Itu menyusul kekhawatiran pelatih klub-klub Eropa melepas pemainnya ke Piala Afrika.

"Kami harus percaya pada orang-orang kami. Kita harus berhenti menjadi orang-orang yang kurang percaya diri dan selalu mengekspresikan pandangan negatif dari orang-orang kami," imbuh Motsepe.

“Di seluruh dunia ada kompetisi dengan tantangan tetapi kami harus lebih optimis karena terkadang kami terlalu kritis terhadap diri sendiri."

"Jika kami tidak akan memiliki kepercayaan pada apa yang kami lakukan, siapa yang akan memiliki kepercayaan pada kami?"

"Ini adalah generasi di mana orang Afrika harus percaya pada orang Afrika. Kami dapat menyelenggarakan kompetisi sepak bola yang sebaik yang Anda lihat di Eropa dan dunia," urai dia.

Fase grup Piala Afrika 2021 terbagi jadi lima grup A-E. Mereka yang berpatisipasi adalah Kamerun, Burkina Faso, Ethiopia, Cape Verde, Senegal, Zimbabwe, Guinea, Malawi, Maroko, Ghana, Comoros, Gabon, Nigeria, Mesir, Sudan, Guinea-Bissau, Aljazair, Sierra Leone, Equatorial Guinea, dan Pantai Gading.

Aljazair merupakan juara bertahan Piala Afrika 2019 dan memiliki bintang-bintang yang berkarier di Eropa seperti Riyad Mahrez (Manchester City), Adam Ounas (Napoli), Said Benrahma (West Ham United), dan Aissa Mandi (Villarreal).

Breaking News Kamerun Timnas kamerun Piala Afrika Virus Corona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.176

Bagikan