Profil Grup A Copa America 2021: Persaingan Sengit

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 28 Mei 2021
Profil Grup A Copa America 2021: Persaingan Sengit
Timnas Argentina vs Chile di Copa America (Twitter)

BolaSkor.com - Perhelatan Piala Eropa 2020 bukan satu-satunya turnamen besar yang terjadi pada Juni 2021. Selain Piala Eropa yang tertunda ada juga Copa America 2021, turnamen yang mempertemukan antar negara CONMEBOL atau Amerika Selatan.

Pertandingan-pertandingan yang dihelat dapat disaksikan pada dini hari hingga pagi WIB. Jadi Copa America dapat menjadi pilihan hiburan selain Piala Eropa menjelang bergulirnya musim 2021-2022 dan juga di kala bursa transfer dibuka.

Pada perhelatan Copa America 2021 tuan rumahnya adalah Argentina. Sedianya Kolombia juga jadi tuan rumah, namun karena derasnya protes kepada presiden di sana maka mereka mengundurkan diri.

Baca Juga:

Seputar Informasi Mengenai Copa America 2021

Kolombia Batal Jadi Tuan Rumah Copa America 2021

Nostalgia - Awal Mula Lionel Messi dan Timnas Argentina Terjerat Kutukan Final

Copa America 2021 dihelat pada 14 Juni dini hari WIB dan akan berakhir pada 11 Juli pagi WIB. Berikut BolaSkor.com menjabarkan profil negara-negara yang berada di grup A Copa America 2021 yang berisikan Argentina, Uruguay, Bolivia, Chile, dan Paraguay:

1. Argentina

Tuan rumah sekaligus salah satu unggulan juara Copa America 2021. Argentina tak pernah menjuarai Copa America sejak 1993 dan sudah empat kali mencapai final dalam kurun waktu 17 tahun terakhir. Akan tapi keempat final itu berakhir gagal juara alias runner-up.

Perhelatan Copa America 2021 bisa jadi kans terakhir Lionel Messi mempersembahkan trofi untuk negaranya, mengingat usianya kini sudah berumur 33 tahun.

Dipimpin oleh Lionel Messi Argentina memiliki kombinasi skuad yang bagus dan berisikan pemain-pemain muda senior. Beberapa nama di antaranya seperti Angel Di Maria, Sergio Aguero, dan Lautaro Martinez. Pelatih Albiceleste - julukan Argentina - adalah Lionel Scaloni.

Sebelum memulai Copa America melawan Cile di laga pembuka (14/06) Argentina akan memainkan terlebih dahulu dua laga Kualifikasi Piala Dunia, yakni melawan Cile (04/06) dan Kolombia (09/06) itu akan jadi ajang yang tepat bagi Scaloni menyeleksi skuadnya.

Pelatih: Lionel Scaloni

Pemain-pemain Kunci: Lionel Messi, Angel Di Maria, Sergio Aguero, Lautaro Martinez

Kapten: Lionel Messi

Skuad Sementara Argentina untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Kiper: Agustin Marchesín, Emiliano Martínez , Juan Musso , Franco Armani.

Bek: Nicolás Tagliafico, German Pezzella, Jose Luis Palomino , Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina, Lucas Martínez Quarta, Lisandro Martínez, Juan Foyth, Gonzalo Montiel.

Gelandang: Marcos Acuna, Joaquin Correa, Rodrigo De Paul, Angel Di Maria, Nicolas Domínguez, Giovanni Lo Celso, Guido Rodríguez, Lucas Ocampos, Exequiel Palacios, Leandro Paredes.

Penyerang: Lionel Messi, Emiliano Buendia, Lucas Alario, Sergio Agüero, Alejandro Gomez, Angel Correa, Nicolas Gonzalez, Lautaro Martínez, Julian Alvarez.

2. Bolivia

Timnas Bolivia besutan Cesar Farias berstatus underdog alias non unggulan di grup A ini. Bolivia diharapkan bisa memiliki momentum bagus pada Copa America dengan memainkan dua laga Kualifikasi Piala Dunia kontra Venezuela dan Cile.

"Kami dalam kondisi yang lebih baik dan akan tiba lebih baik laga lainnya di empat kualifikasi. Ini momen spesial, kami harus berkomitmen untuk timnas dan laga-laga melawan Cile dan Venezuela menyiapkan untuk Copa America sebaik mungkin," tutur Farias.

Negara berjuluk La Verde sudah mulai tampil konsisten di Copa America sejak 1963. Hebatnya di tahun itu juga Bolivia meraih satu-satunya titel Copa America dan pencapaian terbaik lainnya kala jadi runner-up pada 1997.

Tidak ada nama bintang dalam skuad Bolivia yang mengandalkan kolektivitas bermain. Pengemas caps terbanyak saat ini adalah Marcelo Moreno (81 caps dan 22 gol) dan Juan Carlos Arce (74 caps dan 12 gol).

Pelatih: Cesar Farias

Pemain-pemain Kunci: Marcelo Moreno, Gilbert Alvarez

Kapten: Marcelo Moreno

Skuad Sementara untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Kiper: Carlos Lampe, Rubén Cordano, Javier Rojas

Bek: Diego Bejarano, José Sagredo, Luis Haquin, Óscar Ribera, Adrián Jusino, Enrique Flores, Luis Barboza, Jairo Quinteros

Gelandang: Leonel Justiniano, Erwin Saavedra, Diego Wayar, Ramiro Vaca, Henry Vaca, Roberto Fernández, Erwin Sánchez, Boris Céspedes, Moisés Villarroel, Jeyson Chura

Penyerang: Marcelo Moreno, Juan Carlos Arce, Gilbert Álvarez, Rodrigo Ramallo, Jaume Cuéllar

3. Uruguay

La Celeste selalu jadi unggulan di tiap turnamennya meski regenerasi skuad mereka tak sebaik Argentina atau Brasil. Apalagi Uruguay masih dilatih pelatih berusia 74 tahun yang sudah membesut sejak 2006, Oscar Tabarez.

Tabarez tahu persis bagaimana komposisi terbaik skuadnya yang masih mengandalkan Luis Suarez, Edinson Cavani, Martin Caceres, Fernando Muslera, dan Diego Godin.

Uruguay pemecah rekor koleksi trofi Copa America sebanyak 15 trofi meski terakhir diraih pada 2011. Pada perhelatan kali ini Uruguay akan menjadi pesaing grup A untuk lolos ke fase gugur. Sebelum ke Copa America mereka akan terlebih dahulu melawan Paraguay dan Venezuela di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pelatih: Oscar Tabarez

Pemain-pemain Kunci: Luis Suarez, Diego Godin, Matias Vecino, Edinson Cavani

Kapten: Diego Godin

Skuad Sementara untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Kiper: Fernando Muslera, Martin Campana

Bek: Diego Godín, Martín Cáceres, José María Giménez, Sebastián Coates, Matías Viña, Ronald Araújo, Damián Suárez

Gelandang: Matías Vecino, Nahitan Nández, Rodrigo Bentancur, Giorgian De Arrascaeta, Lucas Torreira, Federico Valverde, Brian Rodríguez, Mauro Arambarri, Nicolás De La Cruz, Fernando Gorriarán

Penyerang: Luis Suárez, Cristhian Stuani, Jonathan Rodríguez, Maxi Gómez, Darwin Núñez

4. Chile

Timnas Chile hanya dua kali menjuarai Copa America tapi dua titel itu diraih beruntun pada 2015 dan 2016. Pada 2019 lalu Chile juga mencapai semifinal. Tak ayal di grup A Chile, Uruguay, dan Argentina diprediksi bakal bersaing ketat untuk lolos ke fase gugur.

La Roja besutan Martin Lasarte masih memiliki nama-nama senior di dalam skuadnya seperti Alexis Sanchez, Eduardo Vargas, Arturo Vidal, Charles Aranguiz, Gary Medel, Claudio Bravo, dan Jean Beausejour.

Cile akan melawan Argentina dan Bolivia pada dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 sebelum bermain di Copa America. Permainan Chile mengombinasikan kualitas individu, determinasi, serta kolektivitas di tiap lini.

Pelatih: Martin Lasarte

Pemain-pemain Kunci: Claudio Bravo, Gary Medel, Mauricio Isla, Arturo Vidal, Charles Aranguiz, Luis Jimenez, Alexis Sanchez, Eduardo Vargas

Kapten: Claudio Bravo

Skuad Sementara untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Kiper: Claudio Bravo, Gabriel Arias, Gabriel Castellon

Bek: Gary Medel, Mauricio Isla, Jean Beausejour, Eugenio Mena, Guillermo Maripán, Enzo Roco, Sebastián Vegas, Francisco Sierralta, Yonathan Andía

Gelandang: Arturo Vidal, Charles Aránguiz, Luis Jiménez, Erick Pulgar, César Pinares, Claudio Baeza, Bryan Carrasco, Pablo Galdames, Tomás Alarcón, Chile O'Higgins, Juan Leiva

Penyerang: Alexis Sánchez, Eduardo Vargas, Fabián Orellana, Felipe Mora, Jean Meneses, Carlos Palacios, Clemente Montes, Ben Brereton

5. Paraguay

Kuda hitam grup A Copa America 2021. Tim arahan Eduardo Berizzo cukup berpengalaman bermain di Copa America dan pernah dua kali memenanginya pada 1953 dan 1979. Paraguay juga sudah enam kali menjadi runner-up.

Dalam skuad sementara Paraguay saat ini ada beberapa nama yang dapat menjadi pemain kunci karena bermain di liga top Eropa, semisal Miguel Almiron, Fabian Balbuena, dan Omar Alderete. Gustavo Gomez dan Almiron jadi penilik caps tertinggi dengan catatan 45 caps dan 46 caps.

Dengan kualitas skuad yang merata Paraguay dapat mengejutkan di persaingan grup A Copa America. Sebelum bertanding di Copa America Paraguay akan memainkan dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Uruguay dan Brasil.

Pelatih: Eduardo Berizzo

Pemain-pemain Kunci: Miguel Almiron, Angel Romero, Oscar Romero, Gustavo Gomez

Kapten: Gustavo Gomez

Skuad Sementara untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Kiper: Antony Silva, Juan Espinola, Gerardo Ortiz

Bek: Gustavo Gómez, Júnior Alonso, Fabián Balbuena, Juan Escobar, Robert Rojas, Omar Alderete, David Martínez

Gelandang: Óscar Romero, Miguel Almirón, Richard Sánchez, Robert Piris Da Motta, Gastón Giménez, Andrés Cubas

Penyerang: Ángel Romero, Alejandro Gamarra, Braian Samudio, Carlos González, Gabriel Ávalos

Breaking News Copa America Copa America 2021 Argentina Timnas Argentina Uruguay Timnas Uruguay Chile Timnas Chile
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan