Profil Pemain

Profil Micah Hamilton, Anak Gawang yang Kini Jadi Bintang

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 14 Desember 2023
Profil Micah Hamilton, Anak Gawang yang Kini Jadi Bintang
Micah Hamilton (Twitter)

BolaSkor.com - Jalan hidup seseorang memang sulit ditebak. Micah Hamilton yang dulu hanya menjadi anak gawang Manchester City, kini menjelma menjadi bintang. Hamilton adalah masa depan untuk lini serang The Citizens.

Micah Hamilton menjadi satu di antara bukti jika usaha tidak akan mengkhianati hasil. Berjuang sejak masih remaja, kini Hamilton berada pada jalan yang benar untuk menjadi bintang.

Micah Hamilton mendapatkan kepercayaan dari Pep Guardiola untuk menjadi starter melawan Red Star Belgrade pada matchday terakhir Grup G Liga Champions 2023-2024, di Red Star Stadium, Kamis (14/12) dini hari WIB.

Masuknya Hamilton kedalam starting line-up memang sudah diprediksi sebelumnya karena laga kali ini tidak menentukan nasib The Citizens. Manchester City tetap akan keluar sebagai juara grup kendati kalah.

Baca juga:

Nostalgia - Ketika Omar Sivori Mencetak Setengah Lusin Gol di Derby d'Italia

Profil dan 5 Fakta Menarik dari Bintang Muda Incaran Manchester United, Joao Neves

Michel, Peramu Taktik yang Menjadikan Girona sebagai Tim Kejutan di LaLiga

Meski demikian, Hamilton sadar jika ini adalah kesempatan yang pantang dilewatkan. Ia memiliki kesempatan besar untuk beraksi di ajang sebesar Liga Champions.

Tampil sebagai sayap kanan, Hamilton langsung menunjukkan tajinya. Ia mencetak gol pembuka Man City pada menit ke-19. Hamilton memamerkan kemampuan individunya sebelum melepaskan tembakan keras dari sudut sempit.

Gol itu membuat Micah Hamilton menjadi pemain Inggris termuda kelima yang mencetak gol pada debutnya di Liga Champions (20 tahun 30 hari), dan termuda yang melakukannya sejak Marcus Rashford pada September 2017 (19 tahun 316 hari).

Hari Hamilton kian terasa manis karena pada malam itu Manchester City menutup laga dengan kemenangan 3-2. Ia juga berperan sebagai pemain yang dilanggar pada gol penalti Man City jelang akhir laga.

"Saya senang bisa mencetak gol pada debut. Saya masih memprosesnya. Saya belum bisa mencernanya," ujar Hamilton menurut laporan Guardian.

Apa yang dicapai Hamilton kali ini memang bukannya tanpa perjuangan. Pemain 20 tahun itu sudah membangun kariernya sejak lama. Bahkan, enam tahun lalu ia hanyalah anak gawang pada laga Manchester City kontra Crystal Palace. Ketika itu, Hamilton terlihat mendapatkan instruksi dari Pep Guardiola.

Penampilan impresif Hamilton itu mendapatkan acungan jempol dari Pep Guardiola. Berbicara kepada Guardian, mantan penggawa Brescia itu mengungkapkan kekagumannya.

"Itu adalah gol dan permainan yang luar biasa," ujar Pep Guardiola yang mengaku lupa pernah bicara dengan Hamilton ketika masih jadi anak gawang.

"Saya sangat bahagia untuknya. Dia sering berlatih bersama dan kami melihat kemampuannya dalam duel satu lawan satu. Dia mencetak gol fantastis dan membuat penalti."

Pemain asal Inggris tersebut memang bersinar pada akademi Manchester City. Ia mendulang 12 gol dan 8 assist dalam 29 laga bersama Man City U-18. Naik ke tim U-21, Hamilton membukukan 4 gol dan 8 assist dari 30 kesempatan.

"Ketika tidak bisa melewati lawan, dia melepaskan umpan. Dia juga bertahan dengan agresif," sanjung sang juru taktik.

Kemunculan Hamilton pun menjadi bukti jika Manchester City tidak hanya bisa membeli pemain yang sudah jadi. The Citizens mampu mengorbitkan pemain dari akademi ke tim utama.

Kredit khusus juga perlu diberikan kepada Txiki Begiristain dan Jason Wilcox yang mencari bakat-bakat dari seluruh penjuru dunia untuk Manchester City. Selain itu, peran Thomas Krucken sebagai manajer tim junior The Citizens juga pantang dikesampingkan.

"Hamilton mungkin luput dari perhatian karena dia sudah lama mengalami cedera. Kami merasa di kembali ke performa terbaiknya dan punya lebih banyak pergerakan," kata pelatih Man City U-21, Brian Barry-Murphy, soal penampilan Hamilton pada September.

"Saya katakan jika dia adalah pesepak bola jalanan. Hamilton adalah pemain yang bisa menghabisi lawannya satu per satu. Tidak peduli bagaimana dia berkembang, melihat pemain yang bisa melewati lawan adalah satu hal menarik."

Kini, Micah Hamilton perlu meningkatkan kemampuannya sembari menghindari kembali menderita cedera, seperti beberapa musim sebelumnya.

Jika dilakukan, Hamilton berpeluang menjadi legenda Manchester City yang berasal dari akademi, suatu hal yang jarang ditemui pada tim doyan belanja pemain bintang.

Micah Hamilton Breaking News Manchester City Liga Champions
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.604

Bagikan