BolaSkor.com - Bali United merupakan salah satu klub baru di kancah persepakbolaan Tanah Air. Hanya dalam waktu lima tahun, Serdadu Tridatu bisa menjadi salah satu icon Pulau Dewata. Bali United kini menjadi raja baru di kompetisi Liga 1. Gelar raja yang bisa terulang di Liga 1 2020.

Bali United awalnya merupakan klub Putra Samarinda. Klub ini bermarkas di Samarinda dan sudah eksis sejak tahun 1989. Putra Samarinda berkompetisi sejak era Galatama. Kemudian, sejak peleburan Perserikatan dan Galatama menjadi Liga Indonesia, Putra Samarinda tetap menunjukkan eksistensinya.

Putra Samarinda mengalami kesulitan keuangan sejak Liga Indonesia terbentuk. Pada tahun 2003, Putra Samarinda dan Persisam, klub yang didanai oleh APBD Samarinda ini bergabung untuk membentuk Persisam Putra Samarinda.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1 2020: Arema FC

Profil Tim Liga 1 2020: Persib Bandung

Pada 2008/2009, Persisam Putra Samarinda menang Divisi Utama dan berhak promosi ke Indonesia Super League (ISL). Perpecahan Persisam Putra Samarinda terjadi pada tahun 2014.

Untuk meningkatkan daya jual dan prestasi, manajemen Persisam Putra Samarinda menyatakan berubah nama menjadi Bali United FC. Oleh karena itu, tim pindah dari Samarinda ke Gianyar, Bali.

Kiprah Bali United di kancah kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia, hanya seumur jagung. Pasalnya, ISL 2015 terhenti akibat konflik sepak bola nasional.

Kemudian, Bali United mengikuti sejumlah turnamen seperti Piala Presiden 2015 hingga Piala Jenderal Sudirman 2015. Setahun berikutnya, Bali United mengikuti Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu hanya finis di urutan ke-12 dengan perolehan 40 poin dari 34 laga.

Bali United
Bali United merayakan gol ke gawang Than Quang Ninh. (Bali United)

Saat kompetisi resmi Liga 1 2017, Bali United menjelma menjadi tim yang menakutkan. Serdadu Tridatu finish sebagai runner-up Liga 1 2017, hanya kalah head to head dari sang juara Bhayangkara FC.

Prestasi itu kemudian merosot tajam pada Liga 1 2018. Digadang-gadang menjadi kandidat juara, Bali United malah harus puas berada di posisi sebelas. Dari 34 pertandingan, Bali United hanya menang 12 kali, sembilan seri dan menelan 13 kali kekalahan.

Baca Juga:

Nama TIRA-Persikabo Berubah Jadi Persikabo 1973, Begini Kronologinya sehingga Bisa Disahkan Asprov Jabar

Luizinho Passos Bikin Teja Paku Alam Pede Bawa Persib Maksimal di Liga 1 2020

Kebangkitan akhirnya terjadi pada Liga 1 2019. Kehadiran Stefano Cugurra memberi perubahan signifikan. Bali United akhirnya meraih gelar pertama sepanjang klub berdiri. Bali United mengamankan Liga 1 2019 dengan margin poin sangat jauh. Ketika menjadi juara pada pekan ke-30, Bali United memimpin 17 poin atas rival terdekat, Borneo FC.

Gelar ini akhirnya mengantarkan mereka kembali ke AFC Cup 2020, setelah sempat ikut pada 2018 lalu. Menjadi peluang besar bagi Bali United untuk menebus kegagalan pada 2018 lalu.