Promosi-Degradasi Diterapkan di Timnas Putri Indonesia, Lima Pemain Dipulangkan

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 20 Maret 2021
Promosi-Degradasi Diterapkan di Timnas Putri Indonesia, Lima Pemain Dipulangkan
Timnas Putri Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Putri Indonesia sedang melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) di Jakarta, sejak 7 Maret lalu. Timnnas Putri Indonesia sudah melakoni satu pertandingan uji coba dan beberapa kali gim internal.

Sudah memasuki pekan ketiga, asisten pelatih Timnas Putri Indonesia, Yopie Riwoe menjelaskan bahwa TC menerapkan sistem promosi dan degradasi. Sistem ini berbeda dengan TC Timnas Putri Indonesia sebelumnya.

“Sistem yang diterapkan pada TC kali ini berbeda dengan promosi-degradasi. Tim pelatih menyebut sistem ini sebagai sistem keluar masuk pemain," kata Yopie seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:

Belajar Kasus All England, PSSI Berencana Sewa Pesawat untuk Timnas Indonesia

38 Pemain Dipanggil Ikut Seleksi Timnas Putri Indonesia

"Sistem ini memang berbeda dengan seleksi dan pemusatan latihan timnas sebelumnya, dimana biasanya kami memanggil pemain sebelum kompetisi atau berdasarkan kelompok usia,” tambah Yopie.

Yopie menjelaskan bahwa sistem yang diterapkan memang untuk proyeksi tim jangka panjang yang dilakukan oleh tim pelatih Timnas Putri Indonesia.

Jika sebelumnya para pemain dipanggil untuk mengikuti seleksi dan kemudian gugur atau degradasi sebelum kompetisi digelar, pada sistem ini pemain yang sudah dipulangkan bisa mendapat kesempatan untuk bergabung kembali, namun disesuaikan dengan kebutuhan tim.

Memasuki pekan kedua seleksi tim pelatih sudah memulangkan lima pemain, yakni Marseli, Manda Prima, Leni Maharani, Serli Yuliani, dan Nur Fajriah. Empat dari lima pemain yang dipulangkan merupakan pemain U-18 dan satu pemain senior.

Sementara lima pemain yang baru bergabung semuanya merupakan pemain U-18, Indrii Yulianti, Zhadya Aini Raysha Yushar, dan Echa Hanin Najwa. Dan dua lainnya ialah Amanda Florentinae asal Kalimantan Tengah serta Maura Adinda Malika asal Banten.

“Sistem keluar masuk pemain disesuaikan dengan kondisi. Misalnya turnamen terdekat yang akan dihadapi di level U-18, maka pemain yang banyak dipanggil adalah pemain untuk kebutuhan U-18," ujar Yopie.

"Kami juga akan memanggil para pemain yang masuk kategori senior namun kuotanya hanya disesuaikan 11 orang, karena kami fokus pada posisi-posisi yang harus diisi untuk tim U-18 supaya kebutuhan tim tercukupi,” pungkasnya.

Timnas Putri Indonesia Breaking News
Posts

4.871

Bagikan