BolaSkor.com - PSSI berencana untuk menambah asisten wasit di lapangan. Wasit kelima dan keenam kemungkinan sudah ditugaskan mulai seri keempat Liga 1 2021/2022 dan semifinal Liga 2 2021.

Terkait hal ini, PSSI berkoordinasi dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Wasit kelima dan keenam akan bertugas di dekat gawang jika sudah ada persetujuan AFC. Mereka juga perlu mengikuti kursus lebih dahulu sebelum diterjunkan.

"Seperti diketahui dalam lazimnya sepak bola, dalam setiap pertandingan ada perangkat pertandingan yang terdiri dari wasit tengah (1), asisten wasit (2 orang) dan wasit cadangan (1). Jadi total ada 4 perangkat pertandingan. Maka ke depan PSSI akan menambah asisten wasit tambahan. Rencana ini tidak melanggar Peraturan Permainan. Hal ini dilakukan sambil menunggu diterapkannya penggunaan VAR (Video Assistant Referee) di kompetisi sepak bola Indonesia," tulis di laman PSSI.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Persebaya Bantai Persita, Madura United Putus Tren Negatif

Lupakan Kemenangan atas Persib, Persija Fokus Hadapi Bali United

Rencana ini diapungkan menyusul sorotan klub dan pecinta sepak bola soal kinerja wasit. PSSI mengadakan rapat untuk membahas wasit, yang dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan dihadiri Waketum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Exco Ahmad Riyadh sekaligus Ketua Komite Wasit, dan Departemen wasit.

Selain penambahan wasit, putusan lain yakni mendatangkan Direktur Teknik Wasit. PSSI sempat punya Direktur Wasit yakni Toshiyuki Nagi asal Jepang.

"Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisasi dan dievaluasi. PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia," jelas Mochamad Iriawan.