BolaSkor.com - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya sepakat untuk tidak memajukan jadwal Liga 1 2020 akibat kekosongan FIFA Matchday yang ditunda. Artinya, Liga 1 2020 tetap libur dari tanggal 16 Maret - 2 April mendatang.

Sebelumnya, PT LIB berencana memajukan jadwal Liga 1 2020 karena kekosongan FIFA Matchday. FIFA memutuskan menunda FIFA Matchday bulan Maret 2020, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, yang diikuti Timnas Indonesia.

Penundaan FIFA Matchday karena penyebaran Virus Corona (COVID-19) yang sudah memprihatinkan. Saat ini, ada 96 kasus positif Virus Corona di Indonesia.

Selain Liga 1 2020, PSSI dan PT LIB sepakat memberhentikan sementara Liga 2 2020 selama dua pekan. Ini sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Corona.

Padahal, Liga 2 2020 baru saja dibuka di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3). Di mana menyajikan laga Persiba Balikpapan kontra Kalteng Putra.

Baca Juga:

Bhayangkara FC 2-2 Persija Jakarta: Ketat Saling Balas Gol

Hasil Liga 1 2020: Persipura Permalukan Persebaya, Borneo FC Menang atas Persela

Semua hal ini sudah disetujui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali, yang hadir di pembukaan Liga 2 2020 bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan, dan Direktur Utama PT LIB sekaligus Waketum PSSI, Cucu Somantri.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali menyerahkan seluruh kegiatan dan kompetisi kepada para PB cabang olahraga terkait. Ini berdasarkan koordinasi di Kemenpora, Jumat (13/3).

"Kami dari jauh-jauh hari sudah berdiskusi dengan pak Menteri (Menpora Zainudin Amali) berkaitan dengan masalah Corona. Eskalasi dinamika di lapangan makin meningkat, makanya tadi kami minta para Exco (PSSI) untuk berkumpul di ruangan ini, tentunya meminta pandangan dari pak Menpora. Dari hasil kita diskusi disepakati memang kalau Liga 1 Senin ini harus sudah berhenti, dan kebetulan memang off, yang kita diskusikan adalah Liga 2," kata Iriawan.

"Sehingga dari kesimpulan yang ada meskipun secara formal nanti kita panggil para manajer klub hari senin, karena undangannya demikian. Tapi LIB sudah menyampaikan via whatsapp grup pada klub Liga 2, dan hampir semuanya menyetujui. Karena masih ada 10 pertandingan yang akan dilakukan baik Liga 1 maupun Liga 2. Kita putuskan Senin sudah hampir semuanya tidak ada pertandingan baik Liga 1 maupun Liga 2," tambahnya.