BolaSkor.com - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepakat untuk kembali menunda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 sampai dengan bulan Februari 2021. Hal ini diputuskan usai PSSI menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) pada Rabu (28/10).

Sejatinya PSSI dan PT LIB sudah merencanakan lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 kembali bergulir pada bulan Oktober ini. Namun, karena pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) belum memberikan izin, kompetisi akhirnya ditunda.

PSSI dan PT LIB sudah menggelar pertemuan dengan perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2 untuk membahas nasib kompetisi. Semua sepakat ingin kompetisi bergulir pada November 2020, tetapi kembali Polri sampai saat ini belum mengeluarkan izin.

Baca Juga:

Bek Madura United Sangat Antusias Jalani Uji Coba Lawan Arema FC

Liga 1 Belum Jelas, PSS Sleman Liburkan Timnya

"Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Liga 1,2,dan 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

"PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi terhadap keputusan PSSI tersebut," tambah pria yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI itu.

Ke depannya, PSSI berharap kompetisi dapat bergulir dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam pandemi COVID-19. Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi pun sudah dibuatkan regulasinya serta diberikan kepada klub kontestan liga.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali menginginkan kompetisi tetap berjalan. Keduanya menilai kompetisi akan menjadi bagian penting dari Timnas Indonesia U-19/U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.