BolaSkor.com - PSSI telah menyetorkan dokumen perpindahan asosiasi Jordi Amat ke FIFA pada Selasa (22/11). Sedangkan untuk Sandy Walsh, rencananya baru akan dikirimkan ke badan tertinggi sepak bola dunia itu hari ini, Rabu (23/11) atau Kamis (24/11).

"Hari ini (kemarin) sudah kirim ke FIFA, baru satu orang, Jordi Amat. Dan menyusul besok (hari ini) atau lusa (besok) mungkin Sandy Walsh," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Indra Sjafri kemudian menjelaskan mengapa dokumen Jordi Amat diserahkan lebih cepat dibandingkan Sandy Walsh. Hal ini disebabkan oleh administrasi. Dokumen perpindahan asosiasi Jordi Amat didapatkan PSSI dari RFEF (federasi sepak bola Spanyol) sedangkan Sandy Walsh dari KNVB (federasi sepak bola Belanda).

"Karena Sandy Walsh paspornya baru, mungkin hari ini (kemarin) atau besok (hari ini)," ujar Indra Sjafri.

Baca Juga:

PSSI Daftarkan 65 Pemain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Kolaborasi PSSI X UEFA, Jadikan Klub dan Kompetisi di Indonesia Maju seperti Eropa

Perubahan asosiasi ini menjadi proses yang penting. Sebab, Jordi Amat dan Sandy Walsh harus disahkan terlebih dahulu oleh FIFA sebagai syarat untuk memperkuat Timnas Indonesia. Proses ini biasanya memakan waktu satu sampai dua pekan.

Sandy Walsh dan Jordi Amat resmi mendapatkan paspor Indonesia setelah disumpah setia sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (17/11).

Keduanya pun masuk dalam daftar 28 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia persiapan Piala AFF 2022. TC yang rencananya digelar di Bali itu akan dilaksanakan mulai Senin (28/11).

Adapun Piala AFF 2022 akan dihelat pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Kamboja akan jadi lawan perdana Timnas Indonesia pada Piala AFF tahun ini. Laga kedua tim berlangsung pada 23 Desember 2022.