PT LIB Pastikan Liga 1 Tetap Digelar di Pulau Jawa

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 15 Juli 2021
PT LIB Pastikan Liga 1 Tetap Digelar di Pulau Jawa
Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menegaskan bahwa kompetisi Liga 1 2021/2022 akan tetap dipusatkan di Pulau Jawa dan belum ada perubahan.

Hadian mengaku banyak pertimbangan untuk tetap menggelar kompetisi di Pulau Jawa. Salah satunya adalah infrastruktur yang sudah sangat memenuhi persyaratan untuk bisa menggelar pertandingan.

Sebelumnya memang ada usulan untuk menggelar kompetisi di luar Jawa. Sumatera dan Kalimantan menjadi alternatif. Mengingat saat Jawa dan Bali sedang berlangsung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai dari 3-20 Juli mendatang.

Baca Juga:

PT LIB: Liga 2 Mungkin Digelar September 2021

Liga 1 Kembali Ditunda, COO Bhayangkara FC: Pusing Saya

“Liga 1 2021/2022 akan tetap dilakukan di pulau Jawa. Hal ini kami lakukan karena banyak sekali pertimbangan untuk menggelar sebuah pertandingan,” kata Akhmad Hadian ketika dihubungi oleh BolaSkor.com, Kamis (15/7).

“Selain itu, 12 klub liga 1 berada di pulau Jawa. Transportasi melalui jalan darat (tol sudah lancar ke berbagai kota di hampir semua propinsi) dan dengan prokes yang ketat sangat memudahkan mobilisasi klub-klub, juga karena untuk liga sekarang tidak memungkinkan dengan moda transportasi udara.”

“Diperlukan lebih dari 20 stadion yg representatif untuk full kompetisi liga 1, dan Jawa bisa memenuhi hal tersebut (juga diperlukan lbh banyak lapangan bola untuk latihan). Kondisi seperti saat ini diperlukan fasilitas kesehatan yang juga representatif di setiap kota. Juga hal lainnya yang mendukung liga yaitu jaringan internet harus mumpuni,” tambah Hadian.

Berkaca dari Piala Menpora 2021 yang digelar oleh PT LIB, memang Liga 1 lebih baik digelar di Pulau Jawa. Selain memiliki stadion yang mempuni, tim pun bisa melakukan akses perjalan darat untuk melakukan pertandingan.

Tidak hanya itu saja, PT LIB juga sudah merancang format kompetisi dengan sistem seri yang dibagi menjadi enam klaster. Klaster pertama akan digelar di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten. Kedua di Jawa tengah, ketiga di Jawa Timur, selanjutnya akan diulang kembali sampai dengan enam klaster.

Pssi PT LIB PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Akhmad Hadian Lukita Breaking News
Posts

4.871

Bagikan