BolaSkor.com - Gebrakan besar dilakukan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) demi meningkatkan prestasi atlet Tanah Air di Olimpiade. PB ISSI menggaet konsultan asing, Frederic Magne,, untuk memuluskan langkah pesepada Indonesia pada ajang empat tahunan tersebut.

Magne merupakan sosok fenomenal di dunia balap sepeda. Ia pernah menjadi juara dunia sebanyak tujuh kali.

Selain itu, Magne memiliki rekam jejak baik di dunia kepelatihan. Ia merupakan pendiri dan Director General of the UCI World Cycling Centre (WCC) selama 10 tahun.

Baca Juga:

Berstatus Juara Bertahan Australia Open, Naomi Osaka Gugup Saat Menang di Babak Pertama

Grand Slam Australia Open 2020 Penuh Teka-teki karena Kebakaran Hutan dan Lahan, Atlet Berdonasi

“Target kami ada jangka pendek Olimpiade 2024, menengah (2026), dan panjang 2032. Kami tidak hanya mau menjadi tuan rumah saja tapi juga mau menang di balap sepeda ini," kata Ketua PB ISSI, Raja Sapta Oktohari.

Tugas Magne di PB ISSI bukan sebagai pelatih. Ia bertugas merekrut dan mengevaluasi bibit muda dalam percepatan prestasi atlet nasional.

“Jadi pertama buat program pelatihan usia muda dan atlet madya ke elite. Kemudian, menyiapkan atlet elite mendapat medali yang orientasinya Kualifikasi ke Olimpiade Prancis 2024," kata Okto.

“Sementara itu, untuk Olimpiade 2032, kami sudah berhitung untuk merekrut anak-anak usia 13 tahun sehingga pada 2032. Nantinya, ketika usia mereka 25 tahun mencapai puncak performa. Memang ini butuh proses yang panjang," sambungnya.