Rawan Pengaturan Skor, Pelatih Persib Saran Hadiah Piala Menpora untuk Liga 1

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 03 Maret 2021
Rawan Pengaturan Skor, Pelatih Persib Saran Hadiah Piala Menpora untuk Liga 1
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Media Persib)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku terkejut dengan hadiah yang digelontorkan di turnamen Piala Menpora 2021. Pasalnya, totalnya mencapai Rp4,65 miliar.

Untuk sang juara akan mendapatkan Rp2 miliar, runner-up Rp1 miliar, peringkat ketiga Rp750 juta dan peringkat keempat Rp500 juta. Lalu, tim fair play, pemain terbaik, dan pencetak gol terbanyak masing-masing akan menerima Rp100 juta dan Rp50 juta untuk pemain muda dan wasit terbaik.

Sementara itu, masing-masing tim juga akan mendapatkan Rp250 juta untuk setiap pertandingannya. Rinciannya, Rp150 juta untuk tim yang menang dan Rp100 juta bagi klub yang kalah. Jika pertandingan berakhir imbang, kedua kesebelasan mendapatkan masing-masing Rp125 juta.

"Tapi maaf, saya mempunyai opini yang sangat berbeda soal itu, sekali lagi, kami mempunyai perbedaan sudut pandang dalam hal teknis sepak bola. Uang ini seharusnya digunakan untuk membuat Liga, lebih menarik dan lebih penting untuk Liga," ujar Robert Alberts di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (3/3).

Menurutnya, tidak baik untuk menggelontorkan hadiah cukup besar di turnamen pramusim. Terlebih, turnamen ini hanya dijadikan simulasi sebelum mendapatkan izin penyelenggaraan Liga 1 2021.

"Ini bukan turnamen yang setiap tim ingin menjadi juaranya. Ini turnamen untuk mendapat izin menggelar Liga. Jadi hanya sekadar bermain uji coba di dalam turnamen, tidak masalah menang atau kalah," tuturnya.

Baca Juga:

Persib Sementara Tidak Bisa Rekrut Lilipaly dan Ezra Walian, Mengapa?

Bayu Mohamad Fiqri: Pemain Senior Persib Tidak Sombong

Pelatih asal Belanda ini tak setuju apabila turnamen membuat tim berlomba mencari kemenangan. Sebaliknya, turnamen ini dijadikan sebagai ajang pemanasan tim sebelum memulai Liga 1 2021.

Apalagi, lanjutnya, sudah cukup lama para pemain tidak menjalani pertandingan seiring diberhentikannnya Liga 1 2020 akibat pandemi COVID-19.

"Total hadiah selalu menarik orang-orang untuk menjadi serakah, bisa saja nanti akan banyak pengaturan skor," tegasnya.

Robert Alberts memiliki keyakinan yang tinggi, pengaturan skor di Piala Menpora 2021 bakal terjadi. Sebab saat ini sebagian besar tim dan pemain mengalami kesulitan finansial akibat ketiadaan kompetisi di musim 2020 lalu.

"Banyak orang yang tidak bisa mendapatkan uang terutama jika pemain dan ofisial tidak digaji. Jadi sangat memungkinkan untuk melakukan hal buruk dan faktor pengaturan skor bisa menjadi topik panas lagi," ujarnya.

"Itu kenapa harus melihat semua aspek sebelum memulai lagi Liga setelah terhenti setahun. Ada banyak fakta di tingkat profesional soal pengaturan skor dan itu peringatan yang besar," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Robert Rene Alberts Persib Bandung Liga 1 Piala menpora Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.035

Bagikan