Reaksi Para Pelatih Terkait Hasil Undian Grup Piala Dunia Qatar 2022

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 02 April 2022
Reaksi Para Pelatih Terkait Hasil Undian Grup Piala Dunia Qatar 2022
Gareth Southgate dan Gregg Berhalter (Twitter)

BolaSkor.com - Bertempat di The Doha Exhibition and Convention Center, Qatar, Jumat (01/04) malam WIB, FIFA telah mengundi fase grup Piala Dunia Qatar 2022. Pembagian grup relatif unik.

Ada tim dengan persaingan yang ketat karena tim yang sama-sama kuat dan grup E bisa disebut grup 'neraka'. Di sana ada Spanyol segrup dengan Jerman, Jepang, dan satunya lagi pemenang play-off interkontinental antara Kosta Rika atau Selandia Baru.

Piala Dunia 2022 akan dihelat pada November hingga Desember mendatang dengan partisipasi 32 negara. Adapun pembagiannya dari grup A hingga H seperti berikut ini:

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda
Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales/Skotlandia/Ukraina
Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia
Grup D: Prancis, Peru/Australia/UEA, Denmark, Tunisia
Grup E: Spanyol, Kosta Rika/Selandia Baru, Jerman, Jepang
Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia
Grup F: Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun
Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

Baca Juga:

Hasil Undian Babak Grup Piala Dunia 2022: Spanyol Saling Sikut dengan Jerman

Deretan Fakta Menarik dari Hasil Undian Piala Dunia 2022

Tolak Piala Dunia 2022 Qatar, 6.500 Bola Kempis Disebar di Markas FIFA

Menilik informasi dari laman resmi FIFA, berikut reaksi para pelatih menanggapi hasil undian fase grup Piala Dunia 2022 tersebut.

Luis Enrique - Pelatih timnas Spanyol

“Ini adalah grup yang kuat jika Anda mempertimbangkan Jerman, tetapi kami adalah unggulan teratas karena prestasi kami dan pekerjaan yang telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir."

"Adapun anggota kelompok lainnya, saya tidak akan berbohong kepada Anda – saya hampir tidak tahu apa-apa. Sekaranglah saatnya untuk meluangkan waktu untuk mempelajarinya dan terus berpikir dan percaya pada diri kita sebagai sebuah tim."

"Kami tidak akan mengubah cara kami bermain apakah itu Piala Dunia atau pertandingan persahabatan. Gaya kami sangat jelas, dan akan sangat sulit untuk bermain melawan kami.”

Lionel Scaloni - Pelatih timnas Argentina

“Kami bagus dan saya percaya pada kami. Kami tidak bisa mengeluh tentang hasil imbang tetapi kami juga tidak bisa puas. Meksiko adalah rival yang kita tahu, Polandia berhasil mengalahkan Swedia (di babak play-off Eropa) dan Arab Saudi memainkan kualifikasi yang sangat bagus."

"Ini grup yang sulit. Tapi saya katakan kepada orang-orang: tenang dan nikmati Piala Dunia. Saya harap itu berakhir dengan Argentina di final.”

Kasper Hjulmand - Pelatih timnas Denmark

“Ini tidak bagus. Kami ingin menghindari Prancis, karena saya cukup yakin mereka adalah salah satu tim terbaik di dunia dengan bakat luar biasa yang mereka miliki."

"Dan jika Peru lolos ke babak play-off, kami juga akan menghadapi tim yang sangat kuat di sana. Jika kami ingin lolos, kami harus mengalahkan Tunisia.”

Tite - Pelatih timnas Brasil

“Itu bukan (kelompok) kematian atau kehidupan. Semuanya sama (seperti grup Brasil di Piala Dunia Rusia 2018) – yang hilang hanyalah Kosta Rika! Kita berbicara tentang Swiss dan Serbia, tim yang menghentikan Italia dan Portugal, dan juga tim Kamerun yang sangat kuat di Afrika. Kami harus meningkatkan permainan kami sendiri.”

Didier Deschamps - pelatih timnas Prancis

“Anda tidak boleh terbawa suasana setelah hasil imbang. Kami bisa menyebut Denmark dan berbicara tentang apa yang mereka lakukan di Piala Eropa, lolos ke semifinal, dan bahwa mereka berada di urutan ke-11 dalam peringkat FIFA."

"Mereka adalah salah satu tim terbaik Eropa. Kami adalah juara dunia tapi itu empat tahun lalu. Jangan merasa tertekan - hanya ada kegembiraan."

"Tentu saja, (status kami sebagai juara) membawa lebih banyak harapan dari penonton, tapi saya tetap tenang dan tenteram. Ada tidak ada tekanan - hanya adrenalin dan kegembiraan untuk apa yang diwakili oleh Piala Dunia ini."

John Herdman - pelatih timnas Kanada

“Ini akan menjadi kesempatan lain untuk menunjukkan bahwa kami adalah Kanada baru. Kami akan masuk tanpa rasa takut, mengetahui bahwa kami telah membangun budaya di atas ketabahan dan tekad. Kami akan pintar, tapi tidak takut.”

Louis van Gaal - pelatih timnas Belanda

“Ini adalah lawan yang tidak kami ketahui. Setidaknya saya tidak, dan saya berasumsi analis kami juga tidak, jadi mereka memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan di periode mendatang."

"Pada tahun 2014 kami berakhir di grup terberat, dengan juara dunia Spanyol, Chili, yang merupakan tim nomor tiga di Amerika Selatan saat itu, dan tim petarung Australia. Dibandingkan saat itu, undian ini lebih menguntungkan – bahkan jika kali ini kami harus bermain melawan juara Afrika.”

Gregg Berhalter - pelatih timnas Amerika Serikat

“Kami pikir ini grup yang bagus. Kami tahu setiap lawan di Piala Dunia sulit tetapi dengan Inggris Anda pasti mendapatkan pertandingan yang menarik. Gareth (Southgate, manajer Inggris) dan saya kembali."

"Dia pria yang saya kagumi dan selalu ada untuk saya, memberi saya nasihat. Saya menghubunginya ketika saya mendapatkan pekerjaan itu dan bertanya apakah dia tertarik untuk memberi tahu saya lebih banyak tentang sepak bola internasional. Saya memandangnya sebagai seorang mentor dan sejak itu kami tetap berhubungan.”

Hansi Flick - pelatih timnas Jerman

“Ini adalah grup yang menarik dan menarik bagi kita semua. Jepang adalah tim yang selalu ada dan memiliki banyak pemain yang bermain di Bundesliga, sehingga memiliki kualitas yang tinggi."

"Kosta Rika adalah pertandingan pembuka kami pada tahun 2006 dan kami memiliki kenangan indah tentang itu. Semua tim ini telah berkembang dan semuanya memiliki sesuatu yang istimewa. Kami hanya harus memastikan bahwa kami menang.”

Vahid Halilhodzic - pelatih timnas Maroko

“Ini undian yang sangat sulit dengan Kroasia, Belgia dan tim terbaik di Amerika Utara. Di Brasil (tahun 2014) dengan Aljazair, saya hampir mencapai prestasi besar melawan Jerman (kekalahan 2-1 setelah perpanjangan waktu di babak 16 besar), jadi saya akan mencoba melakukan hal yang sama dengan Maroko. Segalanya mungkin – Anda harus mempercayainya.”

Murat Yakin - pelatih timnas Swiss

“Ini adalah tantangan besar, tim hebat, negara hebat, pemain hebat. Kami tahu Brasil dan Serbia dari Piala Dunia 2018 dan kami tidak akan membuatnya mudah bagi mereka. Kamerun juga memiliki tim yang sangat menarik. Saya senang dengan hasil imbang, dan kami tak sabar untuk menghadapi ketiga lawan.”

Roberto Martinez - pelatih timnas Belgia

“Ini adalah undian yang sangat menantang karena berbagai alasan, tetapi ada tim-tim fantastis yang dinantikan untuk dihadapi."

"Kami jelas memiliki koneksi dengan Maroko di tim nasional dan kami memiliki pemain seperti Marouane (Fellaini) dan Nacer (Chadli) yang memiliki akar di negara itu."

"Kanada memainkan kualifikasi yang kuat, sehingga juga menjanjikan untuk menjadi pertandingan yang bagus. Dan Kroasia kami tahu betul – mereka tidak menjadi runner-up (pada 2018) tanpa alasan.”

Fernando Santos - pelatih timnas Portugal

“Ini seperti gelas setengah penuh dan setengah kosong. Jika kita melihat Piala Dunia sebelumnya, Uruguay akan menjadi favorit. Jika kita melihat peringkat, Portugal akan menjadi favorit."

"Tapi kita tidak boleh melupakan Ghana dan Korea Selatan, yang memiliki pemain kuat. Paulo (Bento, pelatih Portugal melatih Republik Korea) telah melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk sepak bola Korea Selatan. Dia adalah seseorang yang sangat saya hormati.”

Gareth Southgate - pelatih timnas Inggris

“Dua tim pertama (AS dan Iran) sudah lama tidak kami mainkan. Yang ketiga (Wales atau pemenang Skotlandia-Ukraina) adalah jumlah yang tidak diketahui tetapi (ada) kemungkinan Derby Inggris."

"Kami tahu bagaimana kualitas mereka! Ketika Anda diunggulkan, Anda mendapat keuntungan dari kehilangan enam atau tujuh tim besar itu."

"Tetapi ada beberapa tim yang benar-benar berperingkat tinggi di pot 2, khususnya AS, dan saya mengenal Gregg Berhalter dengan cukup baik – kami telah bertemu beberapa kali dan mengobrol lama tentang berbagai hal."

"Mereka memiliki beberapa pemain yang sangat bagus dan kami tahu apa yang bisa mereka lakukan sebagai sebuah bangsa.”

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan