Revierderby, Kebencian Dua Kota yang Difasilitasi Sepak Bola

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 14 Mei 2020
Revierderby, Kebencian Dua Kota yang Difasilitasi Sepak Bola
Borussia Dortmund dan FC Schalke 04 (Twitter)

BolaSkor.com - Ibu dari semua laga derby di Jerman. Begitulah Bundesliga dan publik Bavarian menyanjung sengitnya rivalitas Revierderby yang melibatkan Borussia Dortmund dan FC Schalke 04.

Dua klub tersebut sama-sama berasal dari distrik Ruhr. Sebuah daerah yang terletak di negara bagian Nordrhein-Westfalen.

Dahulu Ruhr merupakan kawasan lembah yang dalam bahasa Jerman disebut Ruhrgebiet atau Revier. Dari situlah sebutan Revierderby bermula.

Rivalitas dalam sebuah derby biasanya dilatarbelakangi oleh perbedaan strata sosial, ras, ideologi politik, atau agama. Namun hal berbeda terjadi dalam Revierderby.

Baca Juga:

Seruan Kepolisian dan Wali Kota Dortmund kepada Suporter Jelang Revierderby

Revierderby Jadi Laga Pembuka Lanjutan Bundesliga

Pemerintah Jerman Beri Lampu Hijau, Bundesliga Berlangsung Kembali pada 15 Mei 2020

Revierderby adalah rivalitas antara sesama kaum pekerja dari kota Gelsenkirchen (Schalke) dan Dortmund. Kedua kubu saling membenci satu sama lain yang difasilitasi melalui sepak bola.

Dahulu Ruhr adalah sebuah daerah yang diapit tiga sungai besar yaitu Sungai Rhein dan dua anak sungainya, Ruhr dan Lippe. Hal ini membuat daerah tersebut kaya akan hutan dan hasil bumi.

Revolusi industri pada tahun 1850-an berdampak langsung kepada Ruhr. Daerah ini berubah menjadi pusat industri tambang.

Para buruh berdatangan demi memperoleh pekerjaan di sini. Populasi Ruhr meledak hingga lima puluh kali liat sehingga membentuk kota-kota baru termasuk Gelsenkirchen dan Dortmund yang terpisah 32 kilometer.

Ruhr bisa dibilang menjadi gerbang masuknya sepak bola modern ke Jerman. Penduduk daerah ini mengenal si kulit bundar karena banyak berinteraksi dengan bangsa Inggris dalam hal ekspor tambang.

Sejak saat itu, banyak klub lahir di daerah ini yang dibentuk para buruh. Sepak bola memang dkenal menjadi olahraga favorit kelas pekerja.

Schalke bisa dibilang benar-benar dilahirkan oleh para pekerja tambang. Klub ini berdiri pada tahun 1904.

Sementara Dortmund didirikan oleh perkumpulan pemuda katolik lima tahun berselang. Namun pada akhirnya tim ini juga didukung oleh masyarakat kelas pekerja di kota tersebut.

Awal mula Rivalitas

Sebelum perang dunia II, hubungan Schalke dan Dortmund relatif baik. Kedua tim kerap bertemu dalam laga uji coba atau pertandingan resmi.

Sayangnya pertemuan kedua tim diiringi dengan aktivitas perjudian oleh para suporter yang mayoritas buruh. Pada masa itu, Schalke terlalu perkasa untuk Dortmund.

Pertemuan pertama Schalke dan Dortmund dalam laga resmi terjadi pada musim 1924/1925. Saat itu Royal Blues menang dengan skor 4-2 dan mendominasi derby selama 18 tahun ke depan.

Usai perang dunia II, Dortmund mulai bisa mengimbangi Schalke. Pada musim 1946-1947, Die Borussen mampu mengalahkan rival sekotanya tersebut pada laga final Westfalenliga dengan skor 3-2.

Kemenangan itu menjadi awal kebangkitan Dortmund. Mereka mampu meraih tiga gelar nasional pada 1950-an hingga awal 1960-an.

Borussia Dortmund FC Schalke Bundesliga Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan