BolaSkor.com - Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, diisukan akan segera kembali ke Old Trafford dan menjabat menjadi Direktur Olahraga Setan Merah. Ferdinand bahkan telah mendapatkan wejangan langsung dari mantan rekan setimnya, Edwin van der Sar.

Ferdinand, 40 tahun, banyak menghabiskan waktunya sebagai pemerhati sepak bola Inggris selepas pensiun bermain pada 2015 silam. Dia merupakan mantan bek tangguh Man United yang memperkuat tim dari tahun 2002 hingga 2014 dan mempersembahkan enam titel Premier League, dua Piala Liga, dan satu Liga Champions.

Rio Ferdinand

Posisi Direktur Olahraga dalam hierarki United tidak pernah ada sebelumnya, sebab transfer pemain selalu diurus oleh Sir Alex Ferguson dengan komunikasinya bersama klub dan CEO United, David Gill. Kini, semua pekerjaan itu seluruhnya diatasi oleh Executive Vice-Chairman United, Ed Woodward.

Kendati demikian, rekrutan-rekrutan pemain yang dilakukan Woodward sejak Ferguson pensiun pada 2013 tidak semuanya bagus. Terlebih, manajer juga silih berganti datang mulai dari David Moyes, Louis van Gaal, hingga Jose Mourinho.

Baca Juga:

3 Faktor Utama Penyebab Kemunduran Manchester United Menurut Arsene Wenger

Arsene Wenger Beri Wejangan kepada Man United Jelang Bursa Transfer

3 Kandidat Pengganti David De Gea

Kehadiran Direktur Olahraga diharapkan bisa meringankan pekerjaan manajer United saat ini, Ole Gunnar Solskjaer, yang notabene juga mantan pemain United. Ferdinand, Solskjaer, dan asisten pelatih, Mike Phelan, diharapkan bisa saling berkomunikasi mengenai kriteria pemain yang dibutuhkan klub di bursa transfer.

Pekerjaan itu awam untuk Ferdinand. Kendati demikian, ia mengakui telah berdiskusi dengan Van der Sar, eks kiper United yang kini jadi Direktur Olahraga di Ajax Amsterdam, mengenai hal-hal yang dibutuhkan, tantangan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Direktur Olahraga klub sepak bola.

"Dia (Van der Sar) pria yang sangat baik hati. Dia melakukan pekerjaannya dengan fantastis di sana. Dia memberitahukan kepada saya segalanya yang dibutuhkan dan juga pekerjaan yang dilakukannya di sana," papar Ferdinand, dikutip dari Goal.

"Pekerjaan itu sangat menuntut, tapi sangat memuaskan ketika Anda bermain di level seperti ini di tahapan ini dalam turnamen," lanjut lelaki kelahiran Camberwell, 7 November 1978 tersebut.

Ferdinand belum sepenuhnya ditunjuk sebagai Direktur Olahraga United. Dia kandidat terkuat di antara kandidat-kandidat lainnya semisal: Van der Sar, Mike Phelan, Paul Mitchell (eks Kepala Rekrutmen Tottenham Hotspur).