BolaSkor.com - Sosok David Moyes dan Ed Woodward dianggap bertanggung jawab dalam penurunan prestasi Manchester United selama satu dekade terakhir. Rio Ferdinand kini membuka aib kedua sosok tersebut di bursa transfer.

Manchester United menunjuk David Moyes sebagai manajer anyar pada musim panas 2013. Ia punya tanggung jawab berat menggantikan Sir Alex Ferguson yang pensiun.

Dalam waktu berdekatan, Ed Woodward juga ditunjuk sebagai CEO baru klub. Ia menggantikan David Gill yang juga mundur mengikuti jejak Ferguson.

Dengan jabatan barunya, Woodward bertanggung jawab penuh dalam aktivitas Manchester United di bursa transfer. Ia dituntut mendatangkan pemain buruan Moyes.

Baca Juga:

Manchester United Mulai Langkah Datangkan Eduardo Camavinga

Donny Van de Beek Jadi Syarat Manchester United Dapatkan Raphael Varane

Kontrak Camavinga Akan Berakhir di Rennes, Man United Bergerak Cepat

Aksi Thiago Alcantara kontra Manchester United pada pramusim 2011.

Manchester United pun mulai dikaitkan dengan sejumlah nama besar pada bursa transfer musim panas 2013. Padahal Setan Merah masih memiliki skuat juara peninggalan Ferguson.

Dalam momen tersebut, Thiago Alcantara yang memperkuat Barcelona tertarik pindah ke Old Trafford. Ia bahkan menghubungi Ferdinand demi membantu mewujudkan kepindahannya.

"Sebelum Thiago meninggalkan Barcelona, dia menelepon saya. Dia menelepon saya dan berkata bahwa akan senang datang ke Man Utd," kata Ferdinand dalam acara di saluran Youtube pribadinya.

"Jadi saya berbicara dengan orang-orang di klub, Moyes dan Woodward. Saya menyinggung (soal Thiago)."

Namun usaha Ferdinand untuk membantu kepindahan Thiago berujung kekecewaan. Moyes dan Woodward ternyata tak tertarik dengan pemain jebolan La Masia tersebut.

Padahal Ferdinand yakin Thiago bisa memperkuat lini tengah Manchester United yang baru ditinggal Paul Scholes karena gantung sepatu. Karakter kedua pemain tersebut memang memiliki kemiripan.

“Kami bermain melawan Barcelona di Amerika dalam tur pramusim (2011), dan dia tampil menakjubkan. Dia bermain sebagai nomor 10 dan mencetak gol kelas dunia," tambahnya.

Setelah mendapat respons yang mengecewakan, Ferdinand kembali dihubungi Thiago. Ia meminta kepastian karena juga diburu oleh Bayern Munchen yang baru menunjuk Pep Guardiola sebagai pelatih anyar.

Dari situ, Ferdinand sadar Thiago lebih memprioritaskan Manchester United ketimbang klub lain. Namun ia tak bisa berbuat banyak dan merelakan sang pemain pindah ke Munchen.

"Dia akhirnya menelepon saya lagi keesokan paginya dan bertanya apa yang terjadi. Dia juga mengatakan punya waktu 24 jam untuk membuat keputusan, jika tidak Pep tidak akan membawanya ke Bayern Munchen," kata Ferdinand lagi.

Thiago pada akhirnya resmi pindah ke Munchen. Ia kemudian menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik dunia di bawah asuhan Guardiola.

Pada musim panas yang sama, Manchester United hanya mendatangkan satu pemain di hari terakhir bursa transfer yaitu Marouane Fellaini. Ia merupakan salah satu anak kesayangan Moyes di Everton.

Hasilnya, Manchester United terlempar dari empat besar pada akhir musim 2013-2014. Moyes bahkan kehilangan pekerjaannya sebelum kompetisi usai.