BolaSkor.com - Mengecewakan, itulah kata pertama yang dilontarkan Robert Rene Alberts saat timnya Persib Bandung dikalahkan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (28/11).

Maung Bandung menyerah dengan skor 0-1. Satu-satunya gol Arema FC berhasil dicetak Dendi Santoso melalui sepakan kerasnya menit ke-17.

Pelatih asal Belanda ini mengaku kecewa karena kekalahan ini membuat timnya gagal memuncaki klasemen sementara Liga 1 2021/2022. Padahal Bhayangkara FC yang berada di posisi teratas hanya terpaut dua poin.

Menurutnya, ini merupakan kali kedua timnya gagal menggeser Bhayangkara FC. Sebelumnya terjadi saat Persib dikalahkan Persija Jakarta yang juga berakhir dengan skor 0-1.

"Mengecewakan, sangat mengecewakan karena untuk kedua kalinya di musim ini kami sebenarnya bisa memuncaki klasemen di Liga, tapi lagi-lagi kami gagal mewujudkan itu," ujarnya usai pertandingan.

Pelatih berusia 67 tahun ini merasa kekalahan ini karena para pemainnya tidak menunjukan karakter dan intensitas di permainan terutama di babak pertama. Alhasil, timnya harus kehilangan tiga poin.

"Itu bukan intensitas permainan yang kami inginkan karena seharusnya permainan ngotot ditampilkan sejak menit pertama untuk memperlihatkan keseriusan ingin menjadi pemuncak klasemen. Saya rasa ini suatu hal yang harus harus dipelajari oleh tim dan mengubahnya di laga-laga berikutnya," katanya.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Persib Dikalahkan 0-1, Arema FC Tempel Bhayangkara FC

Ungkapan Dokter Persib saat Selamatkan Pemain Persiraja Ramadhan

Selain itu, lanjutnya, para pemainnya juga tidak bisa melepaskan umpan yang matang ke lini depan. Alhasil, gol yang sudah disarangkan Arema FC, tak bisa terkejar.

"Ada sekitar lima umpan yang tidak mengenai sasaran dan penerima tidak dalam posisi yang bagus untuk mencetak gol," tuturnya.

Robert Rene Alberts tak menampik ketidakhadiran empat pemain seperti Victor Igbonefo, Ezra Walian, Mohammed Rashid dan Nick Kuipers memberikan dampak bagi timnya. Terlebih, keempat pemain itu merupakan pemain inti.

"Tapi saya tidak ingin menyatakan itu sebagai alasan karena semua pemain Persib harus bisa mengisi tempat itu. Saya tekankan sekali lagi bahwa bukan masalah kami kalah 1-0 tapi saya merasa kehilangan intensitas permainan hari ini, ketika bermain pada bigmatch mereka tidak menunjukan karakter 'ayo kita menuju puncak klasemen hari ini' dan itu menyebabkan tim kami kemasukan di 20 menit awal," ujarnya.

"Di babak kedua juga kami lebih banyak ditekan dan banyak melepas umpan panjang untuk memaksakan mencetak gol. Pada akhirnya, saya tidak mementingkan siapa yang bermain, tapi siapa yang bisa menunjukkan karakter mau berada di urutan pertama di Liga," bebernya.

Beckham Putra Tak Dapat Penalti

Terkait mengenai keputusan wasit yang tidak memberikan hadiah penalti setelah diganjarnya Beckham Putra Nugraha di menit ke-70, Robert Rene Alberts ogah mengeluarkan pendapatnya.

"Silakan kalian melihat video tayangan ulangnya dan semua orang punya opininya. Saya punya opini mengenai itu dan orang lain juga opininya. Tapi ini menjadi pertandingan kedua, ada hal yang tidak menguntungkan kami," pungkasnya.

Kekalahan ini membuat Persib harus turun satu peringkat ke posisi tiga dengan 28 poin. Sementara Arema FC naik ke posisi dua dengan 29 poin dan Bhayangkara FC yang berada di puncak klasemen memiliki 30 poin. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)