BolaSkor.com - Keberhasilan Francesco Bagnaia meraih podium pertama pada MotoGP San Marino turut membuat Valentino Rossi bahagia. Setelah sekian lama akhirnya pembalap Italia dapat kembali bersuara di dalam kompetisi kasta tertinggi balap roda dua.

Jika dilihat berdasarkan sejarahnya, sejak 2001 Italia menjadi negara paling dominan dalam meraih gelar juara MotoGP. Melalui Valentino Rossi, Italia berhasil meraih enam kali gelar juara di kelas premier.

Sayangnya usai era Rossi, perlahan Italia mulai kehilangan cakarnya. Posisinya sebagai negara peraih kemenangan mulai digantikan Spanyol.

Tengok saja lewat pembalapnya, Marc Marquez yang mampu meraih enam kali gelar juara, Jorge Lorenzo peraih tiga kali gelar juara, dan Joan Mir pemegang gelar juara 2020.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Mengenai MotoGP Aragon: Sirkuit yang Penuh Kesulitan

Kualifikasi MotoGP 2021: Bagnaia Pole dan Pecahkan Rekor

Memasuki musim 2021, Prancis mulai naik menjadi negara yang dominan. Lewat Fabio Quartararo, Prancis berhasil menaikkan gengsinya karena mampu menjadi pemimpin klasemen sementara.

Namun, pada paruh kedua musim 2021,langkah Prancis mulai sedikit terhenti. Melalui FransescoBagnaia, Italia berhasil kembali memasuki peta persaingan MotoGP.

“Masa depan usai era saya akan bagus untuk Italia, pergerakannya mengagumkan dan ini merupakan hal positif bagi semua orang,” tutur pembalap berjuluk The Doctor dikutip dari tuttomotoriweb.it.

Tidak hanya Bagnaia saja, kehadiran Franco Morbidelli, Luca Marini, Enea Bastianini, dan Marco Bezzecchi yang hadir di musim 2022 makin memperkuat kedudukan Italia di kancah MotoGP. Rossi yakin Italia dapat kembali ke masa kejayaannya.

“Kita dapat kompetitif di musim ini lewat Bagnaia dan akan semakin bagus di musim selanjutnya dengan Morbidelli. Tidak lupa adik saya, Luca Marini dan Bezzecchi yang akan hadir. Lalu juga ada Bastianini yang mampu menunjukkan performa mengagumkan, dia balapan layaknya setan. Selamat,dia mempunyai masa depan cerah,” kata Rossi.

Penulis: Bintang Rahmat