Saat Dua Mesin Gol Liverpool Bertarung di Final Piala Afrika

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 04 Februari 2022
Saat Dua Mesin Gol Liverpool Bertarung di Final Piala Afrika

BolaSkor.com - Piala Afrika 2021 sudah mencapai puncak. Senegal dan Mesir akan bertemu pada final yang digelar di Stadion Olembe, Kamerun, Senin (7/2) dini hari WIB.

Duel pemuncak ini akan dihiasi pertarungan dua mesin gol Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah. Siapakah yang akan menjadi terbaik?

Bila melihat statistik, dari enam pertandingan selama Piala Afrika kali ini, Mane membuktikan diri lebih produktif ketimbang Salah. Mane menciptakan tiga gol, sedangkan Salah dua gol.

Mane juga mengungguli Salah dalam mengkreasikan gol. Mane dua assist, sedangkan Salah satu assist. Tak terlalu jauh, sehingga tidak otomatis menyimpulkan Mane lebih baik ketimbang Salah.

Baca Juga:

Pertama Kali dalam Sejarah, Piala Afrika Gunakan VAR

Tim Premier League Paling Menderita karena Piala Afrika

Piala Afrika 2021: Turnamen yang Tak Dapat Respek dari Publik

Tapi dari catatan itu, Mane terlihat berada dalam tim yang membuat dia bisa mengeluarkan segala kemampuan terbaiknya. Sebaliknya Salah tidak begitu.

Namun jika melihat total kiprah kedua pemain, Salah sudah pasti pemain yang lebih produktif.

Dari total 89 kali memperkuat timnas Senegal, Mane telah menciptakan 29 gol atau rata-rata 0,32 gol per pertandingan. Sementara Salah sudah menciptakan 47 gol dari 80 kali membela Mesir atau rata-rata 0,59 gol.

Catatan serupa pada level klub. Salah lebih superior daripada Mane. Dari 343 penampilan bersama enam klub berbeda, Mohamed Salah telah menciptakan 165 gol dari berbagai kompetisi, rata-rata 0,48 gol per pertandingan.

Sementara Sadio Mane memiliki rata-rata 0,42 gol per pertandingan, dari total 179 gol yang diciptakan dari 429 penampilan bersama empat klub berbeda.

Lalu rapor saat bersama Liverpool, Salah masih lebih dominan dibandingkan Mane yang setahun lebih lama bergabung.

Dari 229 penampilan bersama Liverpool sejak Juli 2017, Mohamed Salah sudah mencetak 148 gol, termasuk 111 di Premier League.

Sedangkan dari 244 penampilan bersama Liverpool sejak Agustus 2016, Mane mengemas 107 gol, 82 di antaranya di Premier League.

Apakah Mohamed Salah berhasil memimpin Mesir menuntaskan penantian gelar juara Piala Afrika selama 12 tahun sekaligus menambah trofi juara Afrika yang dikoleksi Mesir menjadi delapan buah?

Atau Sadio Mane yang mengantarkan Senegal mengakhiri penantian panjang menjuarai turnamen ini?

Liverpool Piala Afrika Sadio Mane Mohamed salah Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan