SEA Games 2021: Perjuangan Ayustina Delia Menghasilkan Medali Perunggu Balap Sepeda

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 22 Mei 2022
SEA Games 2021: Perjuangan Ayustina Delia Menghasilkan Medali Perunggu Balap Sepeda
Ayustina Delia saat meraih medali emas Road-ITT. (PB ISSI/Nick Hanoatubun)

BolaSkor.com - Medali SEA Games 2021 kembali didapat dari cabang olahraga Cycling Road atau balap sepeda. Adalah Ayustina Delia Priatna yang meraih medali perunggu dari nomor Women's Road Individual Mass Start yang digelar, Minggu (22/5) pagi.

Selain Ayustina Delia Priatna, turun dalam balapan ini yakni tiga rider Indonesia lain yakni Gita Yunika Widya, Dewika Sova Mulya, Sayu Bella Sukma Dewi. Start dimulai pukul 09.00.

Mereka harus menjalani enam lap. Atau berkurang dua lap dari rencana awal karena hujan dan cuaca tidak mendukung.

Satu lap berjarak 14,75 kilometer (km) dengan jalan mendatar, menurun, dan menanjak. Artinya total 88,5 km harus dijalani. Turunnya hujan turut menjadi tantangan.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Muhammad Zul Ilmi Raih Medali Emas dari Cabor Angkat Besi

SEA Games 2021: Menembak Terus Sumbang Medali Emas untuk Indonesia

Sayu Bella sempat berada di depan, namun turun ke grup kedua. Sementara itu, satu rider Indonesia Dewika Sova Mulya tidak bisa melanjutkan perlombaan jelang lap keempat seperti dilaporkan, setelah mengalami crash dengan beberapa rider negara lain.

Ayustina Delia kemudian berada di grup terdepan memasuki lap kelima. Ia bersama atlet sepeda Malaysia dan Vietnam. Adapun dua rider Indonesia lain di grup kedua atau di belakang grup terdepan, yaitu Gita Yunika, Sayu Bella.

Pada lap terakhir, Ayustina Delia mengeluarkan usaha terbaik. Begitu juga Nguyen Thi That (Vietnam) dan Nur Aisyah Zubir (Malaysia) yang sama-sama di grup terdepan.

Persaingan makin ketat di dua kilometer terakhir jelang garis finis. Ayustina Delia, Nguyen Thi That, Nur Aisyah mencoba saling mendahului.

Perjuangan Ayustina Delia patut diacungi jempol, karena berusaha mengayuh cepat sepeda dalam kondisi keram.

Ayustina finis di urutan ketiga dengan catatan waktu 2 jam 13 menit 15 detik sekaligus memastikan medali perunggu, sebelum kemudian mendapat bantuan dan perawatan.

Nguyen Thi That meraih medali emas setelah menyentuh garis finis lebih dahulu. Sedangkan medali perak balap sepeda perorangan putri didapat Nur Aisyah.

Ini menjadi medali kedua yang disumbang Ayustina Delia. Ia sebelumnya meraih medali emas di nomor Road-ITT (Individual Time Trial).

Sementara itu, medali emas nomor Women's Road Team Mass Start diraih Vietnam, sedangkan perak didapat Malaysia, perunggu dimiliki Thailand.

Penentuan medali nomor Women's Road Team Mass Start berdasarkan akumulasi catatan waktu terbaik tiga rider masing-masing negara yang turun di Women's Road Individual Mass Start .

Hasil Women's Road Individual Mass Start. (Tangkapan Layar)

SEA Games 2021 Tim Indonesia Sepeda Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan