Sederet Info Penting Seputar Final Liga Champions

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 28 Mei 2021
Sederet Info Penting Seputar Final Liga Champions
Trofi Liga Champions (twitter)

BolaSkor.com - Kompetisi klub-klub Eropa akan berakhir akhir pekan ini dengan ditandai laga final Liga Champions antara Manchester City melawan Chelsea. Laga pemuncak ini akan disajikan dari Stadion Dragao, Porto, Portugal, Minggu (30/5) pukul 02.00 WIB.

Kali ini dua klub asal Inggris akan bertarung menjadi yang terbaik di Benua Biru. Berikut beberapa info yang patut diketahui seputar laga final Liga Champions 2020-21.

Baca Juga:

Perjalanan Manchester City Menuju Final Liga Champions

Manchester City Melawan Stigma Negatif Jelang Final Liga Champions

Kemahalan, 800 Tiket Final Liga Champions Tidak Laku

Trofi Liga Champions

Klub yang menjadi juara akan membawa pulang trofi Liga Champions, yang dikenal sebagai Si Kuping Besar. Trofi ini berukuran tinggi 73,5 cm dan berat 7,5 kg.

Secara estetika, si Kuping Besar memang terlihat kurang menarik. Tapi justru ini yang membuatnya unik. "Ini mungkin bukan mahakarya artistik, tetapi semua orang di dunia sepak bola ingin mendapatkannya," kata Jurg Stadelmann, sang pencipta trofi.


Hadiah Uang

Juara Liga Champions musim ini akan mendapat hadiah uang 19 juta euro atau sekitar Rp 332,4 miliar. Untuk runner-up akan mendapatkan 15 juta euro atau sekitar Rp 262,3 miliar.

Hadiah itu akan digabungkan dengan pemasukan yang didapat sejak babak penyisihan grup. Tim juara bisa mengantongi hingga 82,45 juta euro atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Angka tersebut belum termasuk dari market pool, yang pembagiannya ditentukan oleh nilai pasar televisi di setiap negara. Nilai yang didapat market pool ini bisa bernilai dua kali lipat, bahkan lebih dari hadiah yang didapat.

Nilai Market pool ini berbeda untuk tiap negara, karenanya tim runner-up bisa saja mengantongi pemasukan lebih besar daripada tim juara. Pada 2014/15. Juventus, yang menjadi runner-up, meraup hampir 89,1 juta euro, termasuk 30,9 juta euro dari hadiah. Sedangkan Barcelona yang juara hanya mendapat 61,0 juta euro, termasuk 36,4 juta euro dari hadiah uang.


VAR dan Aturan Pergantian Pemain

Sistem video asisten wasit (VAR) telah digunakan selama kompetisi musim ini. Peraturan lima pergantian pemain juga diperbolehkan. Bahkan pergantian pemain keenam diizinkan untuk setiap tim jika babak final berlanjut ke waktu tambahan.

Tuan Rumah

Untuk laga final nanti, Manchester City ditetapkan sebagai tim tuan rumah saat undian final Liga Champions, pada Maret lalu. Artinya nama Man City akan disebut pertama. Selain itu City juga akan memakai jersey kandang.

Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.153

Bagikan