Sekjen AFC Sarankan Kebijakan PSSI Dilirik dalam Penyelesaian Gaji di Liga Malaysia

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 30 Maret 2020
Sekjen AFC Sarankan Kebijakan PSSI Dilirik dalam Penyelesaian Gaji di Liga Malaysia
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Sekjen AFC, Windsor John menyarankan pihak yang terlibat di Liga Malaysia melirik pendekatan yang dilakukan PSSI dalam menyikapi masa darurat virus corona (COVID-19). PSSI menerbitkan status force majeure untuk Maret hingga Juni terhadap penyelenggaraan kompetisi, terutama Liga 1 2020.

Status itu membuat klub bisa membayar 25 persen dari nilai gaji kepada pemain. PSSI bisa saja menghentikan kompetisi apabila masa darurat kembali diperpanjang.

Windsor John menjelaskan bahwa PSSI melakukan langkah terbaik untuk memastikan industri sepak bola di Indonesia tidak terpengaruh besar akibat penundaan. Klub dan pemain Liga Malaysia pun disarankan bisa menemukan solusi yang sama, untuk menyelamatkan kedua belah pihak, yakni klub dan pemain.

Baca Juga:

Sandi Sute Angkat Bicara soal Rencana Pembayaran Gaji Hanya 25 Persen

Persib Bandung Bayar Gaji Pemain, Pelatih, Ofisial untuk Maret Secara Penuh

"Dalam konteks Malaysia, AFC mendesak tim dan pemain untuk mencari model yang cocok dalam mengatasi kemungkinan ketidakstabilan finansial seperti yang telah diterapkan PSSI," jelasnya dikutip dari Berita Harian.

“PSSI duduk bersama semua pemangku kepentingan dan menyetujui keputusan."

"Pada akhirnya, kami tidak ingin klub atau tim mengakhiri kontrak pemain jika posisi keuangan mereka tidak lagi mampu menutupi pengeluaran mereka," sambungnya.

Seperti dilaporkan Persatuan Pesepakbola Profesional Malaysia (PFAM) tidak setuju dengan keinginan beberapa klub memotong gaji pemain setelah penangguhan kompetisi Malaysia. PFAM menegaskan bahwa kontrak perlu dipatuhi sesuai yang disetujui.

Windsor juga menyarankan pemain untuk mengambil pendekatan realistis mengingat situasi saat ini yang menyebabkan kondisi keuangan klub tidak baik. "Klub mungkin tidak dapat memenuhi tanggung jawab yang tertera dalam kontrak dengan pemain. Laporan dari Eropa menunjukkan gaji pemain dipotong atau ditunda."

Malaysia Afc Liga 1 Liga Malaysia Pssi Breaking News Virus Corona
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan