Sepp Blatter: Tuan Rumah Piala Dunia 2022 Harusnya Bukan Qatar

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 09 November 2022
Sepp Blatter: Tuan Rumah Piala Dunia 2022 Harusnya Bukan Qatar
Piala Dunia 2022 (Twitter)

BolaSkor.com - Sebuah pernyataan kontroversial dikeluarkan Sepp Blatter jelang bergulirnya putaran final Piala Dunia 2022. Mantan presiden FIFA tersebut mengaku tuan rumah turnamen sepak bola terakbar itu harusnya bukan Qatar.

Blatter merupakan mantan presiden FIFA yang bertugas selama 17 tahun pada 1998 hingga 2015. Namun dirinya mengundurkan diri hanya beberapa hari terpilih untuk kelima kalinya memimpin federasi sepak bola dunia tersebut.

Blatter kemudian tersangkut kasus korupsi selama memimpin FIFA. Akibatnya, ia dihukum sanksi berkecimpung di dunia sepak bola selama delapan tahun meski akhirnya dikurangi.

Baca Juga:

Nostalgia Piala Dunia - Jerman Harus Angkat Koper karena Shin Tae-yong dan Korsel

3 Tragedi Paling Kelam Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Nostalgia Piala Dunia - Cerita Pembunuhan Keji Andres Escobar

Menariknya, Blatter merupakan salah satu sosok yang menentukan penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Keputusan itu dibuat pada 2 Desember 2010 saat dirinya masih menjabat sebagai presiden FIFA.

Blatter kini mengungkap fakta menarik di balik keputusan tersebut. Ternyata awalnya hak tuan rumah Piala Dunia 2022 akan diberikan kepada negara lain.

"Pada saat itu, kami (FIFA) benar-benar sepakat di komite eksekutif bahwa Rusia harus mendapatkan (hak tuan rumah) Piala Dunia 2018 dan Amerika Serikat pada 2022. Itu akan menjadi isyarat perdamaian jika dua lawan politik lama menjadi tuan rumah Piala Dunia secara berurutan," kata Blatter kepada media Swiss, Tages-Anzeiger.

"Memilih Qatar adalah sebuah kesalahan. Ini negara yang terlalu kecil dan sepak bola bersama Piala Dunia terlalu besar untuk mereka."

Pernyataan Blatter tersebut tentu membuat Qatar kian tersudut. Sebelumnya banyak pihak yang mengkritik karena banyaknya korban jiwa dalam proses persiapan dan pembangunan venue Piala Dunia 2022.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Sepp Blatter Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan