BolaSkor.com - Mantan pebulu tangkis Indonesia,Liliyana Natsir, memberikan petuah kepada atlet muda yang mau meniti karier di olahraga tepok bulu. Khususnya bagi pebulu tangkis putri, sosok yang akrab disapa Butet itu meminta generasi penerusnya bermental baja.

“Jadi mereka harus kuat jika mau jadi atlet yang sukses,” ujar Liliyana.

Belakangan, prestasi pebulu tangkis putri Indonesia tengah menurun. Sektor tunggal putri, ganda putra, dan campuran mengalami turun naik prestasi.

Baca Juga:

Hendra/Ahsan dan Kevin/Marcus Saling Lempar Pujian

Pertahankan Gelar Denmark Open 2019, Kevin/Marcus: Ini Tidak Mudah

Butet sadar membentuk atlet putri tidak mudah. Perlu kesadaran dalam diri agar bisa bersaing dengan lawan.

“Bagi seorang perempuan, pasti jiwanya lebih mellow, lebih perasa, capek sedikit pasti kerasa. Beda sama laki-laki. Mungkin ini yang harus diubah dari mereka," kata Butet.

Menurut Butet, Indonesia tak pernah kekurangan bakat bulu tangkis di setiap generasi. Semuanya hanya perlu dipoles dan diberi motivasi agar menjadi atlet hebat.

“Tinggal bagaimana mereka tak berhenti di tengah jalan. Itu yang jadi kebiasaan karena kurangnya motivasi dan kerja keras saat berlatih di klub. Dengan bakat yang dipunyai seharusnya lebih memiliki keinginan besar agar bisa berprestasi di kancah dunia," tuturLiliyana Natsir.