Sergio Busquets Mulai Kehilangan Label Pemain Tak Tersentuh Barcelona

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 02 November 2020
Sergio Busquets Mulai Kehilangan Label Pemain Tak Tersentuh Barcelona
Sergio Busquets (Twitter)

BolaSkor.com - Status Sergio Busquets sebagai salah satu pemain Barcelona yang tak tersentuh mulai terancam. Kesempatan bermainnya mulai berkurang sejak Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatih pada musim panas lalu.

Selama hampir satu dekade terakhir, satu tempat di lini tengah Barcelona selalu menjadi milik Busquets. Padahal sejumlah pelatih sudah datang dan pergi.

Kombinasinya dengan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta bahkan disebut salah satu trio lini tengah terbaik sepanjang masa. Kerja sama ketiganya memang sempat membuat Barcelona berjaya di Eropa.

Baca Juga:

Rencana Capres Barcelona: Izinkan Lionel Messi Kembali ke Newell's Old Boy

Pep Guardiola Tutup Pintu Kembali ke Barcelona

Barcelona Ulangi Catatan Negatif 18 Tahun Silam

Sergio Busquets

Sebagai alumni La Masia, Busquets dinilai paham betul dengan filosofi tiki-taka khas Barcelona. Perannya sebagai penyeimbang tim bisa membuat El Barca mendominasi penguasaan bola nyaris sepanjang pertandingan.

Namun keinginan Koeman yang punya visi mengubah gaya bermain Barcelona berdampak buruk terhadap Busquets. Peran pemain berusia 32 tahun tersebut kini tak lebih penting dari duetnya di lini tengah, Frenkie de Jong.

Sejak awal kedatangannya, Koeman sudah menegaskan rencananya untuk mengubah skema 4-3-3 yang sudah sangat melekat dengan Barcelona. Sebagai gantinya, ia akan menggunakan formasi 4-2-3-1 seperti saat menangani Timnas Belanda.

Busquets sempat menjadi salah satu andalan Koeman di lini tengah saat mengawali musim 2020-2021. Namun performa buruk Barcelona akhir-akhir ini membuat namanya mulai akrab dengan bangku cadangan.

Busquets selalu tampil sebagai pemain pengganti pada dua laga perdana fase grup Liga Champions. Koeman lebih suka menduetkan De Jong dan Miralem Pjanic di kompetisi antar klub-klub elite Eropa tersebut.

Namun kebiasaan di Eropa mulai terbawa ke LaLiga. Busquets hanya tampil selama satu babak saat Barcelona bermain imbang 1-1 di kandang Alaves, akhir pekan lalu.

Bukan tidak mungkin Busquets akan semakin akrab dengan bangku cadangan pada pertandingan-pertandingan berikutnya. Apalagi Barcelona sejauh ini terbukti tampil lebih baik saat De Jong berduet dengan Pjanic di lini tengah.

Sergio busquets Barcelona Ronald Koeman Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan