Shin Tae-yong Bicara Laga Timnas Indonesia U-20 Kontra Uzbekistan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 05 Maret 2023
Shin Tae-yong Bicara Laga Timnas Indonesia U-20 Kontra Uzbekistan
Para pemain Timnas Indonesia U-20 merayakan kemenangan atas Suriah. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menilai kemenangan tim asuhannya atas Suriah 1-0 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Sabtu (4/3), membuat persaingan di Grup A kembali jadi menarik.

Pasalnya, tambahan tiga poin dari laga itu membuka kans Timnas Indonesia U-20 untuk lolos ke babak berikutnya.

Timnas Indonesia U-20 saat ini menempati peringkat ketiga di bawah Irak (3 poin) dan Uzbekistan (6). Karena itu, laga terakhir kontra Uzbekistan di Stadion Istiqlol, Fergana, Selasa (7/3) akan menentukan langkah Tim Merah-Putih.

"Saya setuju bahwa Uzbekistan adalah salah satu tim tangguh, dan saya pertandingan ketiga nanti akan menjadi pertandingan yang menarik bagi kedua tim (Indonesia dan Uzbekistan)," kata Shin Tae-yong.

Jika meraih kemenangan atas Uzbekistan, maka Muhammad Ferarri dan kawan-kawan bisa melaju ke perempat final. Namun, catatannya, di partai lain, Irak gagal mengalahkan Suriah.

Seandainya Irak dan Timnas Indonesia U-20 sama-sama meraih kemenangan di laga pamungkas maka poin kedua tim tersebut akan sama dengan Uzbekistan (6).

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-20 Kalahkan Suriah, Buka Asa Lolos Perempat Final

Klasemen Sementara Grup A Piala Asia U-20: Uzbekistan Menang Lagi, Indonesia Jaga Asa

Timnas Indonesia U-20 Kalahkan Suriah, Shin Tae-yong Puji Spirit Pemainnya

Kalau situasi ini yang terjadi maka berdasarkan regulasi Piala Asia U-20 2023 (Pasal 7.3), penentuan peringkat akhir akan dinilai dari selisih gol dalam pertandingan head-to-head di antara tim yang memiliki poin sama, tanpa menghitung hasil melawan Suriah.

Jika Uzbekistan, Irak, dan Indonesia mempunyai selisih gol yang sama, maka akan dilihat jumlah gol dalam pertandingan yang melibatkan ketiga tim tersebut. Artinya gol di laga kontra Suriah tidak dihitung.

Dengan demikian, Timnas Indonesia U-20 harus bisa mencetak banyak gol ke gawang Uzbekistan.

Meski tidak akan mudah, Shin Tae-yong akan berupaya mengasah aspek finishing para pemainnya di sisa waktu yang ada.

Timnas Indonesia U-20 punya waktu dua hari yaitu pada 5 dan 6 Maret untuk mempersiapkan diri sebelum bertemu tuan rumah.

"Kami memiliki banyak peluang untuk mencetak gol (saat melawan Suriah) walau di babak kedua lawan juga banyak mendapatkan peluang. Ini memang masih menjadi pekerjaan kami, terkait penyelesaian akhir. Hal yang akan kami benahi secara bertahap," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Timnas indonesia u-20 Uzbekistan Shin Tae-yong Piala Asia U-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.304

Bagikan