Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Sambut Baik Rencana Erick Thohir Naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 20 Desember 2023
Shin Tae-yong Sambut Baik Rencana Erick Thohir Naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes
Aksi Maarten Paes saat memperkuat FC Dallas. (Instagram.com/maartenpaes)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyambut baik rencana Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang sedang mempertimbangkan untuk menaturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes.

Shin Tae-yong mengatakan, selama pemain tersebut mempunyai garis keturunan Indonesia, maka seharusnya tidak menjadi persoalan. Thom Haye merupakan gelandang SC Heerenveen, klub yang berkompetisi di Eredivisie (kasta tertinggi Liga Belanda).

Pemain dengan nama lengkap Thom Jan Marinus Haye itu mempunyai darah Indonesia dari kakek dan neneknya dari sang ibu. Kakek Thom Haye disebut berasal dari Sulawesi Utara, sedangkan sang nenek sendiri berasal dari Solo.

Sementara itu, Maarten Paes merupakan seorang kiper yang saat ini bermain untuk salah satu klub Major League Soccer (MLS), FC Dallas. Dia disebut mempunyai garis keturunan Indonesia dari neneknya yang kabarnya berasal dari Maluku.

Baca Juga:

Erick Thohir Akui Menunggu Thom Haye dan Maarten Paes untuk Dinaturalisasi

Alasan Shin Tae-yong Abaikan Stefano Lilipaly meski Gacor bersama Borneo FC

Meski bermain di MLS, Maarten Paes adalah pemain asal Belanda. Dia lahir di Nijmegen pada 4 Mei 1998.

"Pemain-pemain itu mempunyai darah Indonesia. Kalau (menaturalisai mereka) bisa membentuk tim menjadi lebih baik, kenapa tidak," kata Shin Tae-yong.

Menurut Shin Tae-yong, tidak seharusnya ada perdebatan lagi tentang pemain keturunan atau bukan. Dia menilai, sepak bola Indonesia, termasuk tim nasional harus dibangun bersama.

"Ini project yang sedang dijalankan Erick (Thohir, Ketum PSSI-Red) dengan tujuan yang sangat baik untuk Indonesia. Jadi lihat saja situasinya ke depan seperti apa," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Adapun PSSI baru merampungkan proses naturalisasi Justin Hubner dua pekan lalu. Pemain Wolvehampton Wanderers U-21 itu mengucap sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12).

Selain itu, PSSI kini tengah menanti kedatangan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk mengambil sumpah. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani keputusan presiden atau Keppres tentang pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada dua pemain keturunan tersebut.

Timnas Indonesia Pssi Naturalisasi Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.384

Bagikan