Skema Tiga Bek Solusi Rapuhnya Pertahanan Persib bagi Luis Milla

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 05 September 2022
Skema Tiga Bek Solusi Rapuhnya Pertahanan Persib bagi Luis Milla
Pelatih Persib, Luis Milla. (Bolaskor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla buka-bukaan mengenai keputusannya menerapkan skema tiga bek saat berhadapan dengan RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (4/9).

Pelatih asal Spanyol ini mengatakan penerapan tiga bek itu dilakukan karena Persib sudah mengalami banyak kebobolan selama mengarungi Liga 1 2022/2023. Total 18 kali kebobolan sebelum pertandingan melawan RANS Nusantara FC digelar.

"Idenya adalah tim kemasukan terlalu banyak gol di awal musim dan kami memahami tim lebih butuh rasa aman pada sektor pertahanan. Mereka perlu menemukan rasa aman dan rasa percaya diri. Itu rencana dari taktik kami kemarin, untuk menambah kekuatan di jantung pertahanan," kata Luis Milla di Stadion Persib (Sidolig), Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (5/9).

Baca Juga:

Intip Duel Persib Kontra RANS Nusantara, Djadjang Nurdjaman Singgung Luis Milla

Ditanya soal Pelatih Baru Persis, Kaesang Pangarep: Sabar Dulu Masih Pusing

Sementara untuk sektor penyerangan, lanjutnya, Persib melakukan serangan di kedua sisi. Hasilnya, Persib berhasil mengalahkan RANS Nusantara FC dengan skor 2-1.

"Yang paling penting adalah memetik kemenangan dan sedikit peluang yang datang ke gawang tim kami," tegasnya.

Luis Milla membenarkan posisi Daisuke Sato berubah sedikit kedalam dengan formasi tiga bek tersebut. Tujuannya agar skema yang diberlakukan bisa dijalankan dengan baik.

"Saya mengubah posisinya supaya lebih dekat dengan Nick dan Irianto supaya lebih konsisten di pusat pertahanan dan lebih dekat pula dengan penjaga gawang. Hasilnya kami bisa meraih target yang dicari," tuturnya.

Meski demikian, Luis Milla memastikan skema dengan menerapkan tiga bek itu tidak akan dilakukan di setiap pertandingan. Sebaliknya akan disesuaikan dengan lawan yang dihadapi.

"Sebagai pelatih, saya harus mempunyai sistem untuk para pemain dan pemain juga harus merasa nyaman dengan sistem yang diterapkan. Masing-masing pertandingan itu berbeda, setiap lawan juga berbeda, tapi gaya bermain kami akan tetap sama."

"Tetapi dimungkinkan ada perubahan formasi, mungkin saja kami bermain dengan empat atau lima pemain pada garis pertahanan, bermain dengan tiga gelandang di tengah atau dengan dua gelandang. Di depan juga mungkin saja kami bermain dengan dua atau tiga penyerang. Semua berdasarkan lawan yang dihadapi dan tergabung momennya," jelasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Luis Milla Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan