Skuat Timnas Indonesia U-20 'Kena Mental' Setelah Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 30 Maret 2023
Skuat Timnas Indonesia U-20 'Kena Mental' Setelah Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia
Skuat Timnas Indonesia U-20 saat berlatih di Uzbekistan untuk Piala Asia U-20 2023. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, membeberkan kondisi anak asuhnya pasca keputusan FIFA yang membatalkan Piala Dunia U-20 2023. Ajang itu seharusnya digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Shin Tae-yong mengatakan para pemain sangat lelah, baik fisik maupun mental. Mimpi mereka untuk berlaga di turnamen terbesar kedua FIFA telah terenggut.

Padahal persiapan matang telah dilakukan oleh Muhammad Ferarri dan kawan-kawan. Mereka menggelar pemusatan latihan atau TC dan uji coba mulai di dalam negeri sampai ke Korea Selatan, Spanyol, dan Turki.

Timnas Indonesia U-20 juga sempat tampil di Piala Asia U-20 yang berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret. Ajang tersebut dijadikan Shin Tae-yong sebagai tolok ukur kesiapan Garuda Nusantara berlaga di Piala Dunia U-20.

"Para pemain terlihat sangat lelah. Jadi begitu kami ikut turnamen di Uzbekistan (Piala Asia U-20), kepercayaan diri mereka sudah meningkat," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Sakit Hati Piala Dunia U-20 Batal Digelar di Indonesia

Hokky Caraka sampai Marselino Ferdinan Tumpahkan Kekecewaan Usai FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia

Justin Hubner, Rafael Struick, Ivar Jenner Respons Keputusan FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia

"Kami sudah mempersiapkan diri (lewat) Piala Asia dengan target lolos dari fase grup. Tetapi karena skuatnya tidak lengkap, kami jadi tidak lolos. Saya melihat pemain kecewa besar dan sangat sedih (dengan dibatalkannya Piala Dunia U-20 di Indonesia," jelasnya.

FIFA memutuskan untuk mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia. Namun, FIFA tidak memberikan alasan jelas di balik keputusannya itu.

Sebelumnya, hanya ramai penolakan terhadap kehadiran timnas Israel U-20 yang dilakukan oleh sejumlah partai politik, organisasi masyarakat (ormas), sampai kepala daerah, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Kosten.

Upaya yang dilakukan Presiden Joko Widodo dengan mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir ke Qatar untuk menemui Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga tidak berbuah hasil. Badan tertinggi sepak bola dunia itu tetap kukuh pada keputusannya.

Timnas indonesia u-20 Pssi Shin Tae-yong Fifa Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.353

Bagikan