Soal Skema Hadapi Bali United, Pelatih Persib Bandung Ambil Contoh Man City

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 25 Juli 2019
Soal Skema Hadapi Bali United, Pelatih Persib Bandung Ambil Contoh Man City
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts kemungkinan besar akan menerapkan skema dengan lima bek saat berhadapan dengan Bali United di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (26/7). Pasalnya, pelatih asal Belanda ini menunjuk Henhen Herdiana untuk menjadi starter.

Di laga sebelumnya melawan PSIS Semarang, kehadiran Henhen Herdiana membuat posisi bek Persib dihuni lima pemain. Hasilnya Persib mencatatkan cleansheet dan menang dengan skor 1-0.

Meski demikian, Robert Rene Alberts belum bisa memastikan skema lima bek akan digunakan di laga melawan Bali United. Sebab dalam sepak bola modern, setiap tim tidak hanya mengandalkan satu formasi.

Baca Juga:

Motivasi Naik ke Papan Atas Jadi Modal Persib Bandung Hadapi Bali United

Bojan Malisic Prediksi Bali United Hadirkan Kesulitan bagi Persib

"Kami akan bermain dengan sebelas pemain. Dalam sepak bola modern kami tidak bisa menyebut satu tim akan bermain 4-4-2, 3-5-2 atau yang lain karena sepak bola modern itu fleksibel, semua bisa saja berubah selama pertandingan," ujar Robert di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (25/7).

Robert Rene Alberts mencontohkan, klub Liga Inggris, yakni Manchester City saja pernah menggunakan skema penumpukan pemain belakang. Setidaknya dengan menggunakan enam bek.

"Ada tim yang bermain dengan enam pemain bertahan, tim seperti Manchester city pun sesekali bermain dengan enam pemain bertahan dan tiga di depannya dan menyisakan satu pemain di atas," katanya.

Karena itu, lanjutnya skema itu bisa berubah ketika tim mendapatkan peluang untuk menyerang pertahanan lawan. Sebab beberapa pemain bertahan dipastikan ikut membantu serangan.

"Jadi bukan hanya pertahanan tapi bagaimana membentuk sistem dari formasi itu dan bisa berubah sesuai dengan keadaan. Dalam situasi bertahan kami akan bertahan dengan sebelas pemain termasuk kiper, tapi formasinya akan seperti itu," jelasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Bali United Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan