BolaSkor.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia saat sedang berupaya agar atlet di Indonesia bisa menerima Vaksin Sinovac untuk Virus Corona (COVID-19). Terlebih beberapa cabang olahraga akan mengikuti beberapa agenda besar di tahun ini.

Untuk masalah atlet yang menerima vaksin, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, saat ini sedang mencari cabang olahraga mana yang akan mendapat prioritas vaksin. Nantinya akan dilaporkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Yang akan menentukan siapa duluan itu, tergantung cabor yang pertama menjalani pertandingan atau turnamen. Nah, itu akan kami serahkan datanya ke pihak Kementerian Kesehatan," kata Menpora dalam jumpa pers virtual, Rabu (13/1).

Baca Juga:

Shin Tae-yong Masuk Prioritas Penerima Vaksin Sinovac di Indonesia

Ini Akun Instagram Resmi Shin Tae-yong

"Kemenkes tentunya akan membaca surat kita yang sudah mencantumkan tentang kapan dibutuhkan, kapan orang-orang ini akan bertanding, dan lain sebagainya. Kami tidak bisa menentukan langsung besok, lusa, dan lain sebagainya."

"Karena di prioritas awal itu kan ada di tenaga kesehatan kita. Harapan kita juga vaksin ini bisa diperuntukkan buat atlet dan para ofisial. Kami akan mengusahakan itu," tutur Zainudin Amali.

Ketika disinggung masalah Timnas Indonesia, Zainudin Amali mengaku, mereka juga salah satu yang mendapatkan prioritas. Terdekat, Timnas Indonesia akan menghadapi babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, melawan Thailand dan Uni Emirat Arab (UEA) pada Maret 2021.

Tidak hanya itu saja, Timnas Indonesia U-16 dan U-19 juga akan berlaga di Piala Asia U-16 dan U-19 yang berlangsung di Bahrain dan Uzbekistan. Ajang ini berlangsung Maret dan April 2021.

"Yang jelas memang timnas akan segera melakukan kegiatan, ada U-16, U-19, U-23 dan senior. Ya kita lihat saja nanti, akan kita usahakan," ujar Zainudin Amali.

Vaksinasi Sinovac di Indonesia sudah dimulai sejak hari ini, dimana Presiden Joko Widodo jadi penerima vaksin pertama. Setelah itu, tenaga kesehatan jadi prioritas yang kemudian diikuti beberapa pihak lain.