BolaSkor.com - Timnas Spanyol berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Namun kesuksesan itu tidak membuat puas sang pelatih, Luis Enrique.

Spanyol memang dibantu dewi fortuna untuk lolos dari grup E. Itu setelah La Furia Roja takluk 1-2 dari Jepang pada laga terakhir di Khalifa International Stadium, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Beruntung di pertandingan lain, Jerman hanya menang 4-2 atas Kosta Rika. Hal ini membuat Spanyol finis di posisi runner up karena unggul selisih gol dari Der Panzer.

Baca Juga:

11 Fakta Menarik Jepang dan Spanyol ke Babak 16 Besar

Jepang 2-1 Spanyol, Rapor Luar Biasa Pemain J1 League

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Jepang Tantang Kroasia, Maroko Bertemu Spanyol

Lolos ke babak 16 besar dengan cara seperti ini tidak disukai Enrique. Apalagi Spanyol gagal mengamankan status juara grup.

"Saya tidak senang sama sekali. Ya, kami lolos, tapi saya ingin memenangkan pertandingan ini,"kata Enrique usai pertandingan.

"Ini seperti tidak mungkin karena dalam lima menit, Jepang mencetak dua gol."

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique

Spanyol memang awalnya seperti akan menang mudah saat Alvaro Morata memecah kebuntuan pada menit kesebelas. Spanyol kemudian mendominasi jalannya pertandingan.

Namun Jepang tampil menggebrak pada awal babak kedua. Perubahan itu berbuah manis karena Ritsu Doan dan Ao Tanaka mampu mencetak dua gol cepat untuk membalikkan kedudukan.

"Saya tidak melewatkan apa pun, karena kami mencoba semuanya. Kami memiliki striker yang bermain di tengah lapangan, kami mencoba menciptakan peluang," tambah Enrique.

"Jepang bertahan dengan agresif, mereka menutup ruang."

Meski menempati posisi runner up, Spanyol tetap terhindar dari lawan kuat pada babak 16 besar. Tim Matador hanya akan bertemu Maroko yang secara mengejutkan juga berhasil menjuarai grup F.