Statistik Berbicara, Manchester United Lebih Baik Tanpa Cristiano Ronaldo

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 17 November 2022
Statistik Berbicara, Manchester United Lebih Baik Tanpa Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Polemik Cristiano Ronaldo masih jadi isu yang dibahas panjang di jeda Piala Dunia 2022 saat ini. Wawancaranya mengenai Manchester United, Wayne Rooney, Ralf Rangnick, dan Erik ten Hag berbuntut panjang.

Kritikannya kepada Erik ten Hag bahkan sudah dinilai kelewat batas. Ronaldo menegaskan tidak respek kepada pelatih asal Belanda tersebut karena Ten Hag juga tidak menghormatinya, hal itu mengubah stigma publik mengenai Ronaldo.

Pasca wawancara Ronaldo yang menghebohkan dengan Piers Morgan tersebut, Man United membuat pernyataan akan menilai terlebih dahulu secara keseluruhan wawancara tersebut sebelum memutuskan - potensi - hukuman untuk Ronaldo.

Sementara itu ada kabar dari ESPN, apabila Ten Hag kabarnya sudah meminta Man United untuk tidak lagi bermain untuk klub setelah wawancara tersebut. Secara tidak langsung, wawancara pemain berusia 37 tahun itu memang mengindikasikan keinginannya pergi dan menjadi momen terakhir untuk klub.

Baca Juga:

Dikritik Cristiano Ronaldo, Ralf Rangnick: Urusan Saya Kini dengan Timnas Austria

Peter Schmeichel Sulit Lepas Kepergian Cristiano Ronaldo dari Manchester United

Tidak Main-Main, Manchester United Bidik Mbappe sebagai Pengganti Ronaldo

Jika benar demikian hal tersebut cukup disayangkan, sebab Ronaldo legenda klub mengingat kontribusi besar pada periode satu membela Man United. Di satu sisi berbeda Man United seyogyanya tak perlu khawatir bermain tanpanya.

Dari catatan yang dimunculkan Sky Sports pada musim 2022-2023, persentase menang Man United lebih besar kala Ronaldo tidak jadi starter. Catatannya adalah 70 persen kemenangan, 2,2 poin per laga, catatan rata-rata mencetak gol per laga 1,8, kebobolan gol rata-rata per laga 1,3, dan para pemain berlari sebanyak 107,5 kilometer per laga.

Bandingkan saat Ronaldo dijadikan starter persentase kemenangan menjadi 25 persen, 1 poin per laga, 0,5 mencetak gol rata-rata per laga, 1,8 kebobolan gol rata-rata per laga, dan para pemain berlari sebanyak 103 kilometer per laga.

Di satu sisi lainnya jika Ronaldo pergi maka pengeluaran Man United berkurang khususnya dari segi gaji, plus Man United dapat merekrut penyerang baru pada Januari 2023 (bursa transfer musim dingin).

Cristiano Ronaldo Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan