Sudah Berprestasi, Ketum PSSI Minta Pembinaan Sepak Bola Usia Dini Jangan Kendur

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 28 Oktober 2022
Sudah Berprestasi, Ketum PSSI Minta Pembinaan Sepak Bola Usia Dini Jangan Kendur
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan komitmennya terhadap pembinaan sepak bola usia muda di Indonesia. Iriawan meminta regenerasi pesepakbola berbakat di Tanah Air tidak pernah kendur.

Karena itu, selama masa kepemimpinannya sebagai ketum PSSI, prestasi tim nasional Indonesia di kelompok umur bisa tercapai.

Salah satu di antaranya adalah keberhasilan Timnas Indonesia U-16 merebut gelar juara Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di partai puncak yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8).

Indonesia juga dipercaya oleh FIFA menjadi tuan rumah ajang sepak bola paling akbar untuk kelompuk U-20, yaitu Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

"Tanpa ada regerenasi dan pembinaan terhadap sepak bola usia dini maka sulit untuk melahirkan para talenta yang siap memperkuat timnas senior di masa depan. Ini sudah menjadi komitmen kami dari PSSI untuk menaruh perhatian serius, salah satunya melibatkan FIFA,” kata Mochamad Iriawan saat menghadiri acara FIFA Football for School di Lapangan Rugby Senayan, Jakarta, Jumat (28/10).

Baca Juga:

Ketum PSSI Berharap FIFA Football for School Bisa Lahirkan Bintang Baru Indonesia

FIFA Football for School di Indonesia: Pembangunan Karakter di Hari Sumpah Pemuda

Menurut Iriawan, untuk membuahkan pembinaan pemain usia dini mampu berprestasi harus melibatkan banyak pihak. Sejauh ini, dia mengapresiasi semakin menjamurnya sekolah sepak bola yang ada di berbagai tempat di Indonesia.

"Dari sekolah bola inilah nantinya bisa lahir para pemain hebat. Di sini mereka tidak hanya diasah kemampuan skill bermain bola saja tapi juga membentuk karakter dan mental menjadi pemain hebat,” ujar Iriawan.

Dalam kesempatan tersebut Iriawan juga menjabarkan sejumlah pencapaian yang diraih Timnas Senior dan Timnas Indonesia U-23 selama tiga tahun kepemimpinannya.

Seperti diketahui, Timnas Senior mampu menjadi runner-up Piala AFF 2020 meski ketika itu mayoritas para pemainnya tidak bermain selama hampir 10 bulan karena Liga 1 dihentikan pada awal pandemi COVID-19.

Selain itu, peringkat Tim Merah-Putih di ranking FIFA mengalami peningkatan pesat dari posisi 171 menjadi ke urutan 155.

Sedangkan Timnas Indonesia U-23 berhasil merebut medali perunggu di SEA Games 2021 Vietnam.

"Tentunya semua pencapaian timnas dan para pemain senior ini menjadi usaha yang harus terus ditingkatkan. Jangan pernah berpuas diri hanya dengan prestasi yang sekarang sudah diraih tetapi bagaimana menjaganya. Di sinilah perhatian pada pemain bola usia dini menjadi sangat dibutuhkan. Kami dari PSSI memiliki komitmen besar tersebut,” ujar Iriawan.

Pssi Mochamad Iriawan Timnas Indonesia Fifa Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.355

Bagikan