BolaSkor.com - Pelatih tim nasional Rowing Indonesia untuk SEA Games 2021, Muhamad Hadris, mengungkapkan telah meramu strategi demi meraih emas di empat nomor yang akan diperlombakan pada Rabu (11/5). Timnas Rowing menggunakan fase preliminary race untuk mengintip kekuatan lawan.

Tim nasional Rowing Indonesia akan memperebutkan empat medali pada nomor women quadruple sculls, lightweight men’s double sculls, men’s double sculls, dan women’s four. Sebelum melangkah ke babak itu, selama dua hari ini pada pedayung telah melalui babak preliminary.

Bagi Hadris, yang paling penting adalah para anak asuhnya bisa memanfaatkan babak preliminary untuk membaca medan laga. Selain itu, ia juga mencoba menilik kekuatan lawan. Meskipun, tak semua negara mengeluarkan kekuatan terbaik.

Baca Juga:

Langkah Tim Senam Artistik Indonesia Jaga Tradisi Emas di SEA Games 2021

Tim Kano Kayak Indonesia Diharapkan Capai Target di SEA Games 2021

"Dua hari ini kami masih preliminary race yang kami maksimalkan sebagai cari tahu peta kekuatan dan atur strategi. Namun, hasil hari kedua ini juga kami melihat negara lain juga menyimpan kekuatan," terang Hadris.

"Jadi, perebutan medali di empat nomor, women quadruple sculls, lightweight men’s double sculls, men’s double sculls, dan women’s four akan sangat menarik," timpalnya.

Hadris percaya diri Timnas Rowing bisa memberikan yang terbaik untuk kontingen Indonesia. Asalkan, para atlet mengikuti strategi yang sudah ditetapkan.

Tim Indonesia dari cabang olahraga rowing tengah berlomba
(NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono).

Sementara itu, soal hasil di nomor quadruple sculls putri yang dimotori Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, Annisa Meilani Yahya, dan Putri Agni Anugrah finis di peringkat tiga dengan catatan waktu 9 menit 8 detik. Sementara tuan rumah tampil tercepat dengan catatan waktu 7 menit 27,11 detik. Pertandingan tersebut dihelat di Thuy Nguyen Hai Pong Aquatics Center, Hai Phong, Vietnam.

"Saya kira anak-anak sudah siap. Saya minta mereka jangan lengah. Besok pertandingan sesungguhnya. Kami mematangkan race strategic plan dan terpenting anak-anak fokus mengikuti race plan yang sudah ditetapkan."

Timnas Rowing Indonesia memasang target tujuh medali emas pada SEA Games 2021 Vietnam. Persiapan sudah dilakukan secara matang dengan melakukan pemusatan latihan di Belanda plus mengikuti ajang Rowing Ghent International Spring Regatta, di Belgia.