BolaSkor.com – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, sudah melakukan pertemuan dengan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Meski hanya bertemu beberapa jam saja, ia mengaku Shin Tae-yong merupakan sosok yang humble.

Dalam kontraknya Shin Tae-yong memang diperkenalkan sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia Senior, U-23, U-20/U-19, dan U-16 pada Sabtu (28/12) lalu. Nantinya, ada pelatih kepala di masing-masing Timnas.

Namun, Shin Tae-yong fokus di Timnas Indonesia Senior dan U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 di Tanah Air. Di situ, Shin Tae-yong bisa dibilang pelatih.

Sebelum diperkenalkan, Indra Sjafri berkesempatan untuk berbicara banyak tentang sepak bola Indonesia. Salah satu yang menjadi bahan pembicaraanya adalah masalah sepak bola di Indonesia dan kondisi fisik pemain Timnas Indonesia.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Tak Jadikan Pemain Naturalisasi Prioritas di Timnas Indonesia

Menpora Optimistis Shin Tae-yong Bawa Prestasi untuk Timnas Indonesia

“Saya baru beberapa jam, bicara sepak bola Indonesia. Yang jelas dia komunikatif dan humble. Yang lain-lain nanti pasti sesuai perjalanan saja. Ada beberapa format, kalau manager coach kan ada tim utamanya. Kalau kita lihat tim-tim lain kan pasti ada head coach-nya. Tapi, coach Shin kan pasti akan fokus di tim utama,” kata Indra Sjafri kepada awak media.

“Salah satunya itu. Kondisi para pemain yang ada di Indonesia, dan dia sepaham. Rekrutmen awal pemain kan penting. Makanya kriteria awal pemilihannya pasti coach Shin akan lebih ketat,” tambahnya.

Lebih lanjut, mantan pelatih Bali United ini mengaku akan ada beberapa perubahan yang dilakukan menurutnya akan ada karakter sepak bola yang akan dibawa Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia.

“Pasti karakter sepak bola Korea Selatan. Mereka disiplin, orangnya mau bekerja keras, dan bermental bagus. Lalu fisik juga jadi priortas. Saya setuju itu. Masalah Timnas sebenarnya fisik yang dibangun oleh klub. Kita punya waktu lebih lama untuk Timnas U-20, mungkin di situ peran pelatih fisik yang dua orang dari Korea Selatan,” tutup Indra Sjafri.

Indra Sjafri dipastikan membantu Shin Tae-yong dalam struktur kepelatihan. Namun, posisinya baru diumumkan secara resmi oleh PSSI pada 6 Januari 2020 mendatang. Sekaligus pengumuman resmi stuktur kepelatihan Timnas Indonesia Senior hingga Junior.