Sudah Saatnya Melihat Napoli sebagai Tim yang Disegani di Eropa

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 16 Maret 2023
Sudah Saatnya Melihat Napoli sebagai Tim yang Disegani di Eropa
Napoli (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2022-2023 berpeluang jadi musim bersejarah bagi fans Napoli. Tim kesayangan mereka tidak hanya menunjukkan permainan sepak bola yang menghibur, tetapi juga bersaing di dua kompetisi: Serie A dan Liga Champions.

Napoli pun mengontrol nasib mereka sendiri. Di Serie A tim besutan Luciano Spalletti berlari sendirian di puncak klasemen, berpotensi mengakhiri penantian Scudetto yang terakhir diraih pada 1990. Pun demikian di Liga Champions.

Napoli menyingkirkan juara bertahan Liga Europa, Eintracht Frankfurt, di 16 besar dengan agregat gol mencolok 5-0. Pasca menang 2-0 di Jerman, Napoli mengamuk di San Paolo dengan skor telak 3-0, Kamis (16/03) dini hari WIB.

Menurut catatan dari Opta, Napoli mencetak lebih banyak gol di Liga Champions musim ini dengan 25 gol. Hanya tiga tim Italia yang mencatatkan lebih banyak dalam satu musim yakni Lazio (26 gol 1999-2000), Inter Milan (26 gol 2002-2003), dan Juventus (30 gol 2002-2003).

Baca Juga:

Jadwal Undian dan 8 Tim yang Telah Lolos ke Perempat Final Liga Champions

5 Momen Paling Kontroversial Sepanjang Sejarah El Clasico

Hasil Liga Champions: Napoli Menang Telak, Real Madrid Singkirkan Liverpool

Victor Osimhen dua kali jebol gawang Frankfurt di San Paolo

Napoli juga mengukir sejarah lolos ke perempat final untuk kali pertama dan penyerang mereka, Victor Osimhen, sudah mencetak 50 gol di seluruh kompetisi untuk klub. Osimhen jadi pemain pertama dari Nigeria yang mencetak dua gol di satu laga fase gugur Liga Champions.

Tak ayal dengan sejumlah catatan itu sudah selayaknya saat ini Napoli dilihat sebagai tim yang disegani di Eropa, atau jadi perhatian bagi tim lain. Hal itu juga dituturkan oleh kapten Napoli, Giovanni Di Lorenzo.

“Kami telah membuktikan bahwa kami adalah tim nyata yang harus diperhitungkan, yang termasuk dalam delapan tim teratas ini. Kami akan terus memainkan sepak bola kami dan melihat di mana kami berakhir, yang terpenting adalah memberikan segalanya dan tetap menikmatinya," papar Di Lorenzo di Football-Italia.

Pemain senior Napoli lainnya, Piotr Zielinski, juga meyakini saat ini Napoli juga ditakuti di Eropa dengan permainan mereka.

"Siapa pun yang kami dapatkan dalam undian, kami ingin memainkan sepak bola kami dan lolos ke babak berikutnya. Saya pikir mereka semua adalah tim besar, kami bisa bertarung dengan siapa pun," tambah Zielinski.

"Kami sadar dengan kekuatan kami, siapa pun yang kami dapatkan, kami akan siap berjuang dan memberikan segalanya untuk terus menulis sejarah."

"Saya pikir tim harus takut dengan Napoli ini. Kami dalam kondisi sangat baik dan setiap orang yang menghadapi kami berjuang untuk mendapatkan hasil. Para penggemar juga berada tepat di belakang kami, saya pikir kami bisa melakukan hal-hal hebat musim ini," yakinnya.

Pengakuan akan performa dan kekuatan Napoli pun dituturkan oleh pelatih Manchester City, Pep Guardiola, usai membawa timnya lolos ke perempat final pasca menang 7-0 atas RB Leipzig.

"Napoli mungkin adalah tim terbaik di Eropa musim ini. Dari segi gaya bermain, mereka dekat dengan Arsenal. Kemudian Milan kembali, Inter juga. Keduanya lolos kualifikasi," ucap Guardiola soal Napoli.

Napoli SSC Napoli Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan