Surat Keputusan Belum Terbit, Kompetisi Liga 3 Menjadi Misteri

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 05 September 2020
Surat Keputusan Belum Terbit, Kompetisi Liga 3 Menjadi Misteri
Logo Liga 3. (Istimewa)

BolaSkor.com - Ketika dua kasta teratas sepakbola Indonesia dipastikan akan bergulir bulan depan, kompetisi Liga 3 masih tanda tanya. Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur, Amir Burhanuddin, menyebut belum ada lagi rapat virtual yang membahas regulasi dan tetek bengek yang lain.

Sejatinya sempat ada pembahasan antara PSSI dan seluruh asprov se-Indonesia, tetapi kala itu pembahasan terkesan satu arah. Dan hingga detik ini, belum ada satupun surat keputusan yang diterima oleh mereka.

"PSSI sudah memutuskan Liga 1 dan Liga 2 diputar, maka tidak perlu didiskusikan lagi Liga 3 juga harus diputar. Jadi ini (Liga 3 diputar) bukan usulan Asprov. Jadi jangan terbalik, karena Liga 3 juga bagian dari kompetisi yang diatasnya," tegas Amir.

Baca Juga:

Keberatan, Robert Alberts Sebut Jadwal Liga 1 2020 Menyiksa Persib

Singgung Paul Pogba, PT LIB: Pemain Flu Tidak Boleh Bertanding di Liga 1 dan Liga 2

"Andai kata saat itu PSSI belum memutuskan Liga 1 dan Liga 2, maka diskusi dengan Asprov akan berbeda. Tetapi diskusi dengan Asprov telah didahului dengan keputusan PSSI Pusat bahwa Liga 1 dan Liga 2 dilaksanakan maka virtual meeting kesimpulannya seperti itu. Jadi sekalipun tanpa diskusi virtual meeting, Liga 3 pasti akan diputar."

Sebagai asprov dengan jumlah peserta terbanyak, Jatim memang selalu menjadi rujukan bagi daerah lain dalam menggelar kompetisi. Tetapi tanpa adanya regulasi yang ditetapkan, Asprov Jatim tak ingin melangkahi kebijakan pusat.

"Asprov belum ada yang bersiap, karena sampai detik ini belum ada satu surat pun yang diluncurkan PSSI Pusat terkait dengan Liga 3. Jadi kata siapa Asprov lain sudah mulai persiapan? Mereka semua tanyanya ke Jatim," ungkapnya

"Tidak mungkin ada persiapan di Asprov lain kalau kami belum melakukan persiapan. Tetapi kalau tim-tim Liga 3 mempersiapkan diri, pasti ada. Termasuk tim-tim di Jatim juga mulai bersiap."

Pria asal Tuban tersebut mengakui bila saat ini Asprov hanya bisa pasrah menunggu PSSI menuntaskan persiapan Liga 1 dan Liga 2. Amir menilai ada banyak pembahasan untuk menggulirkan Liga 3 mengingat kompetisi ini berstatus amatir.

"Paling prinsip tentu menunggu regulasi dari pusat yang belum keluar. Entah regulasi pertandingannya maupun standar protokol kesehatannya. Apakah Liga 3 sama dengan Liga 1 dan 2, itu belum ada. Kalaupun sama, biayanya siapa yang tanggung juga belum dibicarakan. Mekanisme subsidi seperti apa, juga belum ada sama sekali pembicaraan dari pusat," jelasnya.

"Kami saat ini memang posisinya menunggu. Apa yang akan diputuskan PSSI Pusat, kami tinggal menjalankan saja. Kalah belum ada circular, panduan, pedoman, dan regulasi yang dikirimkan, tentu kami belum bisa bersiap," pungkas Amir. (Laporan kontributor Bima Pamungkas/Madura)

Liga 3 Asprov jawa timur
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan