BolaSkor.com - Pembalap MotoGP ramai-ramai memuji aspal baru Sirkuit Silverstone, tempat lomba putaran ke-12 MotoGP 2019, akhir pekan ini. Pembalap bahkan sudah memberikan pujian meski baru melakoni latihan bebas 1 (FP1) dan 2 (FP2), Jumat (24/08).

Untuk diketahui, lomba MotoGP Inggris 2018 harus ditiadakan karena sistem drainase sirkuit yang buruk. Belum lagi banyak area undakan atau bumpy yang sempat jadi ciri khas Silverstone. Saking buruknya, trek ini disamakan dengan sirkuit untuk motocross.

Baca Juga:

Latihan Bebas 1 MotoGP Inggris: Fabio Quartararo Tercepat, Jorge Lorenzo Posisi Buncit

Latihan Bebas 2 MotoGP Inggris: Sempat Terjatuh, Marc Marquez Bukukan Rekor Lap

Namun pengaspalan ulang Sirkuit Silverstone pada bulan Juni lalu, ternyata telah memberikan efek positif. Utamanya masalah undakan yang disebut pembalap sudah berkurang secara signifikan.

"Aspal baru punya daya cengkeram yang bagus. Tapi perbedaan terbesar adalah sangat sedikit undakan. Jadi Anda bisa membawa motor sampai batas maksimal," kata pembalap Yamaha, Valentino Rossi.

Sementara pembalap tuan rumah, Cal Crutchlow menyebut antara tikungan terakhir: Woodcote dan tikungan pertama: Copse masih sangat bumpy.

Tapi ia menilai secara keseluruhan aspal baru Sirkuit Silverstone telah memberikan efek yang positif. "Pihak sirkuit telah melakukan pekerjaan dengan baik," Crutchlow menuturkan.

"Mereka memperbaiki apa yang memang harus diperbaiki. Seperti sistem drainase. Kemudian daya cengkeram juga meningkat seperti yang mereka inginkan," lanjutnya.

Juara dunia bertahan, Marc Marquez turut angkat bicara. Menurutnya sirkuit Silverstone tahun lalu seperti trek motocross, karena saking begitu banyaknya area undakan.

"Tahun ini, sirkuit masih memiliki area undakan. Tapi ada di batas wajar. Tempat di mana ada bumpy juga tidak berbahaya," pembalap Repsol Honda itu menuturkan.*