Tanggapi Persaingan di SEA Games 2023, Indra Sjafri: Vietnam Jangan Sok Pede!

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 28 April 2023
Tanggapi Persaingan di SEA Games 2023, Indra Sjafri: Vietnam Jangan Sok Pede!
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, menanggapi persaingan dengan Vietnam di ajang SEA Games 2023. Cabang olahraga (cabor) sepak bola putra akan berlangsung pada 29 April hingga 16 Mei.

Dalam beberapa tahun terakhir, Vietnam kerap jadi momok Indonesia di SEA Games maupun Piala AFF.

Vietnam menggagalkan misi Indonesia merebut emas di final SEA Games 2019 setelah menang telak 3-0. Kemenangan dengan skor yang sama juga ditorehkan Vietnam ketika berjumpa Indonesia di fase grup SEA Games 2022.

Kemudian di Piala AFF 2022, Tim Merah-Putih juga gagal melaju ke babak final setelah tersingkir di babak semifinal dengan agregat 0-2. Dan, ya, tim yang menyingkirkan Indonesia itu adalah Vietnam.

Meski punya catatan pertemuan yang tidak bagus dengan Vietnam dalam beberapa tahun terakhir, pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menolak untuk inferior.

Di SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 sebetulnya tidak berada di grup yang sama dengan Vietnam. Namun, kedua tim berpotensi bertemu jika sama-sama lolos dari fase grup.

Timnas Indonesia U-22 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste. Sedangkan juara bertahan Vietnam masuk ke Grup B bersama Thailand, Malaysia, Singapura serta Laos.

"Yang jelas kita ingin lolos dulu di grup ini dan saya juga memprediksi di Grup B nanti akan sengit dan Vietnam jangan sok pede dulu, jangan yakin dulu dia akan lolos. Jadi selamat berjuang di Grup B. Tim-tim lain juga punya kesempatan sama di Grup B," kata Indra Sjafri dalam konferensi pers, Jumat (28/4).

"Yang penting kami bisa bekerja dulu secara maksimal di Grup A ini, apa yang terjadi nanti di semifinal dan final nanti tanya lagi kita," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Waspadai Gelandang Filipina, Debutan di Timnas Indonesia U-22 Pasang Target Tinggi

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Asah Set Piece dan Finishing untuk Hadapi Filipina

Indra Sjafri Cari Komposisi Terbaik Timnas Indonesia U-22 untuk Diturunkan Lawan Filipina

Sementara itu, terkait peluang Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, menegaskan dia dan para pemainnya akan berusaha keras merebut medali emas yang sudah dinantikan selama 32 tahun.

Sepanjang keikutsertaan di SEA Games, Indonesia baru dua kali mendapatkan emas pada cabor sepak bola putra. Itu terjadi di SEA Games 1987 Jakarta dan SEA Games 1991 Manila.

"Memang kita sudah 32 tahun tidak medali emas dan ini memang menjadi misi kita. Saya pernah ke final (dan mendapatkan) medali perak. Terakhir (bertemu) dengan Vietnam (mereka dapat) emas, waktu itu kita diawali dengan grup yang sangat berat, kita ketemu Thailand, kita ketemu Vietnam dan kita ketemu Singapura, Brunei, Laos."

"Kami lolos ke semifinal dan di semifinal kita menang dan di final kami kalah. Sekarang kami berada di grup A dan tentu saya enggak bisa memikirkan dulu siapa yang akan menjadi lawan (di semifinal)," tutur Indra Sjafri.

Perjuangan Timnas Indonesia U-22 dalam merebut medali emas akan dimulai dengan menghadapi Filipina. Laga itu akan dimainkan di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Sabtu (29/4).

Timnas Indonesia U-22 Vietnam Timnas vietnam Indra sjafri SEA GAMES SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.359

Bagikan