Terkait Pemecatan Thomas Tuchel, Chelsea Dinilai Terlalu Kejam

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 September 2022
Terkait Pemecatan Thomas Tuchel, Chelsea Dinilai Terlalu Kejam
Thomas Tuchel (twitter)

BolaSkor.com - Pemecatan Thomas Tuchel di Chelsea menjadi kabar kejutan yang muncul tiba-tiba di 'siang bolong'. Bagaimana tidak, tak ada yang menilai The Blues akan secepat ini memecat pelatih berusia 49 tahun ketika musim 2022-2023 baru dimulai.

Kekalahan 0-1 Chelsea dari Dinamo Zagreb di Liga Champions seakan menjadi pembenaran yang meyakinkan manajemen memecatnya. Kabar itu datang pada Rabu (07/09) sore WIB di laman resmi Chelsea.

"Klub sepak bola Chelsea hari ini telah berpisah dengan Pelatih Kepala Thomas Tuchel," begitu bunyi pernyataan di situs resmi Chelsea.

"Atas nama semua orang di Chelsea FC, Klub ingin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Thomas dan stafnya atas semua upaya mereka selama mereka bersama klub. Thomas akan memiliki tempat dalam sejarah Chelsea setelah memenangkan Liga Champions, Piala Super dan Piala Dunia Antarklub pada masanya di sini."

Baca Juga:

5 Calon Pengganti Thomas Tuchel di Chelsea

Thomas Tuchel Jadi Korban Revolusi Chelsea Era Todd Boehly

Usai Kalah dari Dinamo Zagreb, Chelsea Pecat Thomas Tuchel

"Ketika grup kepemilikan baru mencapai 100 hari sejak mengambil alih klub, dan karena terus bekerja keras untuk membawa klub maju, pemilik baru percaya ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan transisi ini."

"Staf pelatih Chelsea akan bertanggung jawab atas tim untuk pelatihan dan persiapan pertandingan mendatang kami saat Klub bergerak cepat untuk menunjuk pelatih kepala baru. Tidak akan ada komentar lebih lanjut sampai penunjukan pelatih kepala baru dibuat."

Thomas Tuchel pun menjadi korban revolusi Chelsea di era Todd Boehly yang sudah 'menyingkirkan' sisa warisan Roman Abramovich seperti Bruce Buck, Marina Granovskaia, Petr Cech, dan Scott McLachlan.

Kendati demikian pemecatan itu dinilai terlalu kejam oleh mantan pemain Chelsea, Florent Malouda. Pasalnya Tuchel telah berkontribusi dalam memberikan titel Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub untuk klub.

“Ini adalah era yang sukses, saya berbicara tentang pelatih. Saya telah menyaksikan banyak final dan banyak final yang dimenangkan, itu menunjukkan kepada Anda tingkat kinerja yang harus Anda berikan. Anda tidak punya waktu, ini kenyataannya sangat brutal, itulah kesan pertama saya," terang Malouda seperti dilansir dari BBC Sport.

“Saya ingin tahu tentang apa yang akan terjadi selanjutnya tetapi juga khawatir. Kita berbicara tentang pelatih top yang membuat dampak besar tetapi sepertinya itu tidak bertahan lama. Ini bukan tentang siapa yang bersalah, ini tentang ke mana kita akan pergi selanjutnya."

Beberapa kandidat naik ke permukaan sebagai calon pengganti Thomas Tuchel seperti Mauricio Pochettino dan Zinedine Zidane, tapi kabarnya prioritas Chelsea adalah manajer Brighton & Hove Albion, Graham Potter, yang juga disukai Todd Boehly dan punya klausul pembelian relatif murah: 16 juta poundsterling.

Thomas Tuchel Chelsea Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan