Tetap Kreatif di Masa Pandemi, PB Wushu Tuai Pujian

Andhika PutraAndhika Putra - Kamis, 03 Desember 2020
Tetap Kreatif di Masa Pandemi, PB Wushu Tuai Pujian
Menpora Zainudin Amali.

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memuji penyelenggaraan International Virtual Wushu Championship. Menpora menilai, PB Wushu terus berinovasi di masa pandemi virus corona.

Ini menjadi kali kedua PB Wushu menyelenggarakan turnamen wushu secara virtual. Sebelumnya, ajang serupa dihelat pada Oktober 2020.

Kali ini, International Virtual Wushu Championship diikuti tujuh negara yakni China, Singapura, Macao, Korea Selatan, Brunei Darussalam, Kazakhstan, dan Indonesia. Diharapkan sebanyak 160 atlet terjaring pada ajang ini.

“Terima kasih Wushu Indonesia tetap aktif walau ditengah-tengah pandemi, kita tahu tidak mudah untuk melakukan kegiatan. Tidak banyak cabang olahraga yang masih bersemangat untuk melakukan aktivitas olahraga, tetapi wushu punya inovasi dan kreatif," kata Menpora.

International Virtual Wushu Championship turut menjadi sarana menjaring bibit baru. PB Wushu menargetkan mendapat 356 atlet yang dibina untuk berprestasi.

"Apa yang dilakukan oleh PB Wushu Indonesia seiring dan sejalan dengan apa yang digariskan pemerintah karena menitikberatkan pembinaan sejak usia dini dan dilakukan terus-menerus secara konsisten serta tidak pernah berhenti dalam situasi apapun," ujar Menpora.

Baca Juga:

Penyelenggara Olimpiade Tokyo Habis-habisan karena Virus Corona

Lee Chong Wei, Olimpiade, dan Paket Kejutan

"Ini menjadi misi yang mulia dan cukup menantang bagi PB Wushu Indonesia karena mempersiapan pembinaan sejak usia dini, pembinaan usia muda, saya kira itu juga yang diharapkan oleh pemerintah, tidak mungkin suatu prestasi dapat kita dapatkan tanpa melalui jenjang pembinaan yang berkelanjutan," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan Virtual Championship tahap ke-2 tahun 2020 termasuk adanya nomor tradisional guna untuk menjaring sebanyak-banyaknya atlet wushu junior yang telah memiliki teknik dasar olahraga yang didapat dari berlatih di sasana-sasana mereka.

"Pembinaan cabang olahraga wushu harus dimulai dari usia dini, berjenjang dan terus menerus, tidak boleh dilakukan secara instan oleh karenanya PB Wushu Indonesia mencari bibit atlet langsung dari sumber-sumber pembinaan yaitu sasana-sasana di seluruh Indonesia walaupun dilakukan secara virtual," kata Ketum Airlangga Hartarto.

Breaking News Kemenpora Wushu
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan