Thomas Doll Merasa Tidak Dihargai, Sebut Shin Tae-yong seperti 'Badut'

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 11 Februari 2023
Thomas Doll Merasa Tidak Dihargai, Sebut Shin Tae-yong seperti 'Badut'
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Hubungan antara pelatih Persija Jakarta Thomas Doll dan juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong makin memanas. Terbaru, Thomas Doll menyebut Shin Tae-yong seperti 'badut'.

Awalnya, Thomas Doll merasa kesal dan tidak dihargai karena Shin Tae-yong tidak ikut dalam diskusi dengan Persija terkait pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-20. Shin Tae-yong hanya diwakilkan oleh salah satu asistennya, Nova Arianto, dalam pertemuan yang berlangsung secara virtual itu.

"Saya sangat-sangat kecewa dengan pelatih Timnas (Shin Tae-yong) karena dia tidak ada (dalam pertemuan). Untuk kami, apa tidak cukup bagi dia untuk melakukan komunikasi di jam 1 siang pada jam makan siang. Tidak ada latihan di waktu itu, dia seharusnya bisa ada di situ," kata Thomas Doll.

Thomas Doll merasa tidak dihargai oleh Shin Tae-yong. Padahal ada sembilan pemain Persija yang masuk skuat Timnas Indonesia U-20 persiapan Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20.

Dengan banyaknya jumlah pemain Persija yang dipanggil, Thomas Doll merasa perlu berkomunikasi langsung dengan Shin Tae-yong, mengingat saat ini Liga 1 2022/2023 tengah berlangsung.

"Saya tidak bisa terima ini, itu tidak respek. Karena dia selalu bicara kalau Persija selalu memikirkan dirinya sendiri dan hanya melihat dari satu sisi, untuk dia mungkin tidak penting bagi kami untuk memiliki komunikasi yang normal dan semua orang di Indonesia harus mengetahui bahwa seharusnya tidak seperti ini," ujar Thomas Doll.

Baca Juga:

Egy Maulana Vikri Blak-blakan soal Ketum PSSI Iwan Bule, Shin Tae-yong, sampai Liga 1

Shin Tae-yong Bidik Bolivia atau Tajikistan untuk Lawan Timnas Indonesia

Hasil Liga 1 2022/2023: Persita dan Madura United Akhiri Paceklik Kemenangan

"Sudah sembilan bulan saya di sini, pelatih ini (Shin Tae-yong) tidak pernah melakukan komunikasi dengan normal, dan ini tidak benar. Karena saya berada di situ dengan asisten, pelatih fisik, selama satu jam dan dia tidak memiliki waktu."

"Semua bisa bayangkan hal ini dan ini cerita yang tak pernah usai, tapi percayalah pada saya, ini bukan kesalahan Persija, ini kesalahan dari dia. Dan dia pikir dia bisa melakukan hal ini? maka dia harus pikirkan hal ini, mungkin di Korea Selatan seperti itu cara kerjanya, tapi di dunia tidak seperti itu," tutur Thomas Doll.

Thomas Doll kecewa karena merasa Shin Tae-yong tidak serius dengan persoalan ini. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu bahkan menyebut Shin Tae-yong seperti 'badut' karena menjadi bintang iklan salah satu produk mie instan.

"Jujur, saya pikir dia tidak bisa serius. Ketika saya melihat dia menjadi iklan di televisi dia seperti 'badut', bukan seperti pelatih sepak bola."

"Tidak boleh terjadi dengan pelatih Timnas, saya tidak pernah melihat sebelumnya ada pelatih melakukan hal itu, dan itu tidak baik untuk pelatih sepak bola karena menurut saya itu tidak menunjukkan keseriusan dan menurut saya itu lebih cocok menjadi 'badut' dibandingkan pelatih," tegas Thomas Doll.

Timnas indonesia u-20 Persija jakarta Shin Tae-yong Thomas Doll Liga 1 Tc timnas Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.434

Bagikan