Tim Basket Putri Indonesia Bantai Tuan Rumah, Ukir Sejarah

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 13 Mei 2023
Tim Basket Putri Indonesia Bantai Tuan Rumah, Ukir Sejarah
Pemain tim basket Indonesia Peyton Alexis Whitted (ig/official_timnasbasket)


BolaSkor.com - Tim Basket Putri Indonesia secara meyakinkan mengalahkan tuan rumah Kamboja. Yuni Anggraeni dan kawan-kawan memetik kemenangan dengan skor telak 100-54 di Morodok Techo National Stadium, Elephant Hall 2, Sabtu (13/5).

Berkat kemenangan ini, Indonesia berada di puncak klasemen tanpa menelan kekalahan dalam lima pertandingan yang sudah dijalani. Artinya, tim basket putri Indonesia dipastikan mencetak sejarah untuk kali pertama meraih medali emas

Menghadapi tuan rumah, Kimberley Pierre-Louis dkk mengukuhkan dominasi sejak awal permainan. Serangan yang rapi berhasil meraih poin demi poin. Sementara ketatnya pertahanan mampu menahan serangan lawan. Srikandi Basket Indonesia menutup kuarter pertama dengan skor 27-11.

Baca Juga:

Medali Emas Pertama dari Aquathlon Jadi Lecutan Semangat untuk Tim Indonesia

SEA Games 2023: Lalui Laga Sengit, Priska Persembahkan Medali Emas untuk Indonesia

SEA Games 2023 Kamboja: Tim Perahu Naga Bertenaga, Koleksi Medali Emas Indonesia Bertambah

Nathania Orville (ig/official_timnasbasket)

Dominasi Indonesia berlanjut pada kuarter kedua. Selisih angka pun semakin lebar. Alhasil, kuarter kedua ditutup dengan skor 48-21.

Di paruh kedua, Peyton Alexis Whitted dkk makin nyaman. Aliran serangan semakin cair. Poin demi poin dicetak baik dari bawah ring maupun lewat tembakan tiga poin. Sempat unggul 30 poin, 61-31, Indonesia menutup kuarter ketiga dengan skor 71-39.

Memasuki kuarter keempat, permainan makin terlihat tidak seimbang. Adelaide Wongsohardjo dkk semakin mudah mencetak poin.

Pada akhirnya Tim basket putri Indonesia menutup pertandingan dengan kemenangan telak 100-54. Dyan Lestari menjadi penampil terbaik Indonesia pada laga ini dengan sumbangan 15 poin, semua dari tembakan tiga angka, dan 7 rebound.

Kemenangan ini membuat tim asuhan Chin-Wen Lin itu bertengger di puncak klasemen dengan 10 poin, hasil sapu bersih lima laga. Meski masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Singapura, besok, secara hitungan poin Merah Putih sudah tak terkejar.

kepastian Indonesia meraih emas tak lepas dari lima pertandingan yang dikantongi skuad Merah Putih. Dalam klasemen pesaing terdekat adalah Malaysia dengan 9 poin, hasil empat kemenangan dan satu kali kalah. Kemudian ada Filipina dengan 7 poin, hasil tiga kali menang dan satu kali kalah.

Tim basket putri Indonesia pada melakoni pertandingan terakhir melawan Singapura, Minggu (14/5). Jikapun kalah pada pertandingan terakhir melawan Singapura, Indonesia memiliki catatan lima kemenangan dan satu kali kalah. Catatan yang sama dengan Malaysia dan Filipina yang juga kalah satu kali. Dan bila sama, Indonesia akan menang head to head karena kedua tim tersebut sudah dikalahkan Nathania Orville dkk. Jadi, Indonesia sudah dipastikan juara

Namun, tentu saja tim basket Indonesia ingin menyempurnakan penampilan mereka dengan mengalahkan SIngapura di laga terakhir. Dengan kata lain merebut medali emas secara sempurna, tanpa kalah.

Pulang medali emas SEA Games 2023 Kamboja, tim basket putri Indonesia mengukir catatan bersejarah. Ya, ini menjadi medali emas pertama Indonesia dari basket putri.

Prestasi terbaik Indonesia di cabor basket putri SEA Games adalah meraih perak pada 2015 dan 2021. Sementara itu, tiga medali lainnya perunggu yang diraih pada edisi 1997, 2017, dan 2019.

Timnas Basket Putri Indonesia SEA GAMES SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.153

Bagikan