Timnas Indonesia dan Ekonomi Jadi Alasan Persib Ingin Liga 1 2020 Lanjut

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 10 Juni 2020
Timnas Indonesia dan Ekonomi Jadi Alasan Persib Ingin Liga 1 2020 Lanjut
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono membeberkan alasannya terkait keinginan timnya untuk tetap melanjutkan Liga 1 2020.

Satu di antaranya kata Teddy, karena demi kepentingan Timnas Indonesia. Terlebih di tahun ini, Timnas Indonesia akan menjajal beberapa kejuaraan.

"Semua kompetisi akan bermuara ke Timnas masing-masing negara. Sehingga kita semua harus dengan jernih memikirkan dengan sangat dalam dan komprehensif, untuk suatu kepentingan yang lebih besar, sebelum mengambil suatu keputusan terhadap kelanjutan Kompetisi Liga 1 tahun 2020 ini," kata Teddy melalui aplikasi zoom, Selasa (9/6).

Selain timnas, kata Teddy, gelaran kompetisi akan berdampak pada ekonomi. Bahkan dampaknya jauh akan terasa lebih besar terutama bagi seluruh pelaku sepak bola dan stakeholders sepak bola nasional.

"Tapi tentu, kelanjutan Liga 1 2020 ini akan sangat tergantung pada situasi nasional terhadap pandemi COVID-19," tegasnya.

Baca Juga:

Sudah Gatal, Kiper Persib I Made Wirawan Rindu yang Normal

Eks Persib Bandung Sergio van Dijk Cerita soal Peran Barunya sebagai Agen Pemain

Teddy yakin kompetisi itu bisa dilaksanakan, terlebih saat ini pemerintah sudah merencanakan tatanan normal baru dan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Dengan tatanan normal baru disertai protokol kesehatan yang ketat, maka sisi kesehatan dan ekonomi dari semua sendi kehidupan, termasuk industri sepak bola didalamnya, akan beradaptasi sehingga mencapai suatu titik keseimbangan baru (equilibrium baru)," jelasnya.

Menurutnya, sangat tepat jika Liga 1 dilanjutkan pada September atau Oktober mendatang. Sebab jadwal tersebut akan sama dengan Liga-liga di Eropa.

"Sehingga memudahkan mekanisme transfer pemain dan penjadwalan sesuai dengan kalendar FIFA match day," bebernya.

Dengan alasan itu, Teddy kurang sepakat jika kompetisi Liga 1 2020 ditiadakan dan digantikan dengan turnamen. Sebab pergantian itu akan mengubah seluruh tatanan yang sudah diterapkan.

"Banyak sekali implikasi, baik dari segi legalitas, keuangan, ekonomi, kinerja, kondisi fisik pemain, dan lain-lain, terhadap seluruh stakeholders sepak bola, dimana dampak tersebut bisa bersifat jangka panjang,"

"Turnamen dan Kompetisi adalah dua hal yang sangat berbeda dari segi kualitas dan kinerja dari sebuah tim, dimana pada akhirnya akan bermuara pada kualitas dan kinerja dari semua pemain yang ikut serta didalamnya,"

"Tentu saja Kompetisi akan menghasilkan kualitas pemain yang jauh lebih bagus (match fitness, dll) dibandingkan dengan turnamen, di mana hasil dari kompetisi tersebut adalah pemain yang berkualitas bagus untuk bermain di timnas Indonesia," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.116

Bagikan