Timnas Indonesia Dipastikan Tidak Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala AFF 2020

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 06 Desember 2021
Timnas Indonesia Dipastikan Tidak Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala AFF 2020
Skuat Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia dipastikan tidak akan memakai ban kapten pelangi di Piala AFF 2020. Hal tersebut ditegaskan oleh PSSI.

Pemakaian ban kapten pelangi ini terjadi dalam dua pertandingan Grup A Piala AFF 2020 antara Timor Leste lawan Thailand serta Singapura kontra Myanmar. Dalam pertandingan tersebut, pemain Thailand dan Myanmar menggunakan ban kapten pelangi.

Untuk diketahui, ban kapten pelangi merupakan bentuk dukungan terhadap komunitas LGBT. Sebelum di Piala AFF 2020, klub-klub Liga Inggris sudah terlebih dulu melakukannya.

"Ya itu kan hak masing-masing tim, klub atau negara. Silakan saja kalau mau pakai atau tidak. Saya sudah diminta untuk menghubungi timnas untuk tidak memakai itu," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi kepada awak media di Jakarta, Senin (6/12).

"Timnas Indonesia tidak akan pakai. Tidak ada sanksi, itu hak untuk tim atau klub dalam kompetisi," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Piala AFF 2020: Timnas Malaysia Gebuk Kamboja 3-1

PSSI dan LIB Uji Coba Kehadiran Penonton saat Delapan Besar Liga 2

Kapten Timnas Thailand, Teerasil Dangda, mengenakan ban kapten berwarna pelangi di laga melawan Timor Leste. (Instagram)

Penegasan serupa disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pensiunan jenderal bintang tiga kepolisian itu bahkan akan langsung berkomunikasi dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, supaya Timnas Indonesia tidak ikut serta dalam gerakan tersebut.

"Kalau Kamboja atau Thailand memakai silakan saja, tapi kan kita budayanya beda. Saya telepon nanti ke Indra Sjafri," tutur Iriawan.

"Kami memutuskan untuk tidak akan pakai dan akan menghubungi ke sana. Kami maunya biasa saja ban kaptennya, malah rencananya saya tambah logo Garuda," ungkapnya.

Meski demikian, sampai berita ini diturunkan belum ada informasi resmi dari AFF terkait penggunaan ban kapten pelangi di Piala AFF 2020. Adapun Timnas Indonesia baru akan melakoni laga perdananya di Piala AFF melawan Kamboja di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12), pukul 19.30 WIB.

Pssi Timnas Indonesia Mochamad Iriawan Yunus Nusi Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan