Timnas Indonesia Punya Rekor Buruk di Stadion Nasional, Venue Laga Kontra Malaysia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 18 Desember 2021
Timnas Indonesia Punya Rekor Buruk di Stadion Nasional, Venue Laga Kontra Malaysia
Skuat Timnas Indonesia (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12) malam WIB. Pertandingan ini sangat menentukan bagi kedua tim untuk lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia yang saat ini menempati puncak klasemen Grup B dengan 7 poin sebetulnya hanya butuh hasil imbang. Sementara Malaysia yang duduk di peringkat ketiga dengan 6 poin butuh kemenangan untuk lolos dari fase grup.

Namun, secara non-teknis, Timnas Indonesia dihantui kenangan buruk terhadap venue pertandingan kontra Malaysia nanti, yaitu Stadion Nasional. Tercatat tim Merah-Putih sudah delapan kali tampil di sana dan hanya sekali menang.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Sadar Rivalitas Timnas Indonesia dengan Malaysia

Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Bisa Diperkuat Elkan Baggott Kontra Malaysia

Tujuh laga sisanya berakhir dengan tiga kali imbang dan empat kekalahan. Salah satu kekalahan yang didapat Timnas Indonesia saat bermain di Stadion Nasional adalah ketika menghadapi Malaysia.

Kekalahan itu terjadi di Piala AFF 1996, saat itu masih bernama Piala Tiger, di mana Singapura berstatus sebagai tuan rumah. Saat itu Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor 1-3.

Gol Timnas Indonesia di laga tersebut berasal dari gol bunuh diri pemain Malaysia, Azmil Azali, menit ke-44. Sementara tiga gol Malaysia yang bersarang ke gawang Indonesia tercatat atas nama K Sanbagamaran (5'), Rusdee Sulong (16'), dan Shamsurin Abdul Rahman (76').

Kekalahan itu membuat Indonesia gagal melaju ke final dan bertemu dengan Vietnam di perebutan tempat ketiga. Laga kontra Vietnam digelar di National Stadium dan Indonesia lagi-lagi kalah kali ini dengan skor 2-3.

Satu-satunya kemenangan Timnas Indonesia di National Stadium terjadi saat mengalahkan Laos 3-1 di Piala AFF 2007. Tiga gol kemenangan Skuat Garuda kala itu disumbangkan oleh Atep (51' 75') dan Saktiawan Sinaga (67').

Timnas Indonesia Timnas malaysia Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.399

Bagikan