BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menyebut metode pemusatan latihan (TC) jangka panjang sudah tidak efektif bagi Timnas Indonesia. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dikedepankan agar performa Timnas Indonesia bagus.

"Sudah tidak efektif jangka panjang. Kecuali mendekati turnamen ini efektif, itu juga paling lama 3 minggu. Seharusnya yang dikedepankan adalah kualitas kompetisi," kata Bima Sakti dalam sesi bincang-bincang live Instagram bersama BolaSkor.com.

Baca Juga:

Bima Sakti Sebut Pemain Senior Bisa Beri Dampak Positif atau Negatif bagi Junior di Timnas Indonesia

Cerita Duel Bima Sakti Vs Kapten Timnas Swedia di Piala Dunia 1994

"Kualitas kompetisi sangat dibutuhkan pemain untuk menjaga performa. Klub-klub memberikan jam terbang lebih kepada para pemain Timnas Indonesia. Sang pemain juga harus membuktikan kualitasnya di klub. Ketika di Timnas, pemain hanya menyatukan chemistry saja, adaptasi kecil," tambahnya.

Untuk itu, Bima Sakti berharap agar kualitas kompetisi di Indonesia ditingkatkan. Ini penting bagi penunjang peforma Timnas Indonesia di ajang internasional.

"Kompetisi kita kalau bicara atmosfer suporter sudah sangat bagus. Cuma harus ada beberapa perbaikan dari attitude. Tapi soal kualitas kompetisi masih tertinggal dari negara-negara tetangga terutama Thailand. Saya berharap kompetisi bisa ditingkatkan kualitasnya demi Timnas," ujar Bima Sakti.